79 Kota Indonesia Alami Inflasi, Tertinggi Lampung dan Gorontalo

 Zahwa Madjid
1 Desember 2023, 13:35
79 Kota Indonesia Alami Inflasi, Tertinggi Bandar Lampung dan Gorontalo
ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc.
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Trans Sumatera (Jalinsum) di Lampung Selatan, Lampung, Minggu (30/4/2023). Pada H+7 Lebaran, arus balik di Jalinsum dari arah Bandar Lampung menuju pelabuhan Bakauheni terpantau lancar dan padat.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan 79 dari 90 kota berdasarkan Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi pada November 2023. Jumlah itu meningkat dibandingkan bulan sebelumnya hanya 69 kota dengan tingkat inflasi tertinggi.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Moh. Edy Mahmud mengungkapkan, bahwa kota dengan inflasi tertinggi adalah Bandar Lampung dengan tingkat inflasi 1,05% pada November 2023.

Advertisement

Kota selanjutnya dengan inflasi tertinggi adalah kota Gorontalo dengan tingkat inflasi 0,98%. Pada Oktober 2023 lalu, kota Gorontalo justru menjadi kota dengan inflasi tertinggi sebesar 1,00%.

Setelah kota Bandar Lampung, kota Singaraja, Bali mencatatkan inflasi terdalam pada November 2023 dengan tingkat inflasi 0,87%, dan kota Sumenep, Jawa timur dengan tingkat inflasi 0,87%.

“Sedangkan di pulau Jawa, semua kota mengalami inflasi tertinggi di Sumenep 0,87% dan inflasi terendah di kota Cirebon sebesar 0,16%,” ujar Edy dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/12).

Diikuti kota Timika yang mengalami inflasi 0,84%, kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan mengalami inflasi 0,81% pada November 2023.

Sementara itu, 11 kota lain justru mengalami deflasi atau penurunan tingkat harga barang dan jasa. Deflasi terjadi karena berkurangnya jumlah uang yang beredar sehingga daya beli masyarat ikut turun.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement