Investor China hingga Korea Selatan Siap Masuk IKN di 2024

 Zahwa Madjid
8 Desember 2023, 04:04
investor china
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Menteri Investasi/Kepala BPKM Bahlil Lahadalia berjalan menuju Kantor Presiden untuk menyampaikan keterangan pers usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima delegasi Korea Selatan, di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/5/2023). Dalam kesempatan tersebut kedua negara bersepakat untuk melanjutkan hubungan diplomatik yang sebentar lagi akan mencapai 50 tahun.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan minat investor asing untuk mendanai proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) masih tinggi, bahkan beberapa investasi akan direalisasikan pada tahun depan.

Ia menjelaskan, aliran investasi dari pihak asing itu dijadwalkan oleh pemerintah akan  masuk setelah 17 Agustus 2024 mendatang. 

Advertisement

Karena, untuk saat ini, investasi-investasi yang masuk kedalam IKN di prioritaskan untuk investor di tanah air. Terutama, untuk pengerjaan proyek-proyek di kawasan inti pemerintahan yang menjadi tahap pertama pengerjaan proyek IKN.

"Mereka akan masuk dalam tahap kedua, setelah tahap pertama ini selesai. Setelah kita upacara di 17 Agustus (di IKN). Tapi tanahnya sudah diclearkan," kata Bahlil saat ditemui di Jakarta, Kamis (7/12).

Bahlil tidak merinci, berapa nilai investasi dari asing yang akan masuk. Namun, ia menyebut, investor tersebut berasal dari beberapa negara seperti Uni Emirat Arab, China, hingga Korea Selatan.

"Yang asing nanti saya cek ya, tapi yang jelas sudah ada. Negaranya kan dari United Arab, China, Korea masuk," ujar Bahlil.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement