Tarik Investor, PII Siapkan Penjaminan Proyek Infrastruktur di IKN

 Zahwa Madjid
8 Desember 2023, 17:14
Investor IKN
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz
Pekerja menyelesaikan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023). Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melaporkan progres pembangunan infrastruktur fisik di ibu kota negara (IKN) Nusantara telah mencapai 60,3 persen.

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) mengatakan pihaknya telah menyiapkan skema penjaminan proyek pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN). Nantinya, PII akan menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Direktur Utama PII, Muhamad Wahid Sutopo mengungkapkan, saat ini sudah ada beberapa investor swasta yang tertarik untuk menanamkan modal di IKN. Namun, menurut Sutopo, para investor tersebut masih menunggu skema penjaminan resmi dari pemerintah.

Advertisement

“Memang tidak semua infrastruktur kita terlibat, itu sesuai kebutuhan pemerintah untuk IKN, jadi memang saat ini sudah disiapkan,’ ujar Sutopo dalam media briefing di Jakarta, Jumat (8/12).

Walau begitu, kata Sutopo, perusahaan telah menyiapkan skema penjaminam melalui payung hukum peraturan menteri keuangan (PMK).

“Saat ini belum dieksekusi [PMK], tapi pembahasannya sudah dimulai,” ujar Sutopo.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement