Bandara Kertajati Show
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Image title
24 Mei 2018, 20:20

Pintu Ekonomi Baru dari Bandara Kertajati

Bandar udara yang dinanti-natikan warga Jawa Barat akhirnya kelar. Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis (24/5), melakukan penerbangan perdana ke Bandara Internasional Kertajati, Majalengka. Ia didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Presiden Jokowi berharap pemerintah daerah dan Angkasa Pura II selaku operator bandara mampu bersinergi menciptakan kinerja positif dengan memberikan pelayanan terbaik. “Juga terciptanya dampak ekonomi positif untuk Provinsi Jawa Barat. Tumbuhnya perekonomian daerah tentu akan menarik minat para investor sehingga percepatan pembangunan bisa segera dirasakan oleh masyarakat luas,” kata Jokowi.

Harapan yang sama disampaikan Budi Karya. Bandara Kertajati diproyeksikan menjadi pintu gerbang Provinsi Jawa Barat. Keberadaannya akan membuka banyak pilihan penerbangan yang mampu mengakomodasi kebutuhan para pengguna. Hal ini dapat memicu minat para pebisnis penerbangan untuk membuka rute dari dan menuju Kertajati. Tidak hanya penerbangan domestik, juga internasional. Konektivitas penerbangan pun akan meningkat dan berefek pada roda ekonomi masyarakat daerah.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pun menyatakan optimismenya bahwa Bandara Kertajati mampu menjadi motor penggerak ekonomi daerah. “Pemerintah Daerah serta masyarakat Jawa Barat bisa berbangga diri dengan bandara megah ini,” ujar Heryawan.

Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa berpartisipasi dalam melihat peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan agar dampak ekonomi bisa dirasakan bersama. Dia optimistis pertumbuhan ekonomi akan meningkat setelah bandara internasional ini dioperasikannya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami