Harga Beras, Bulog, dan Permintaan Jokowi

Penulis: Ajeng Dinar Ulfiana

Editor: Arief Kamaludin

10/1/2019, 19.16 WIB8 Foto

Dengan persediaan yang memadai, Bulog diharapkan siap sedia untuk melakukan operasi pasar besar-besaran ketika harga beras melambung.

Naik-turunnya harga beras selalu menjadi perhatian utama pemerintah. Sebagai bahan pokok utama, pergerakan komoditasi ini sensitif terhadap tingkat inflasi. Presiden Joko Widodo pun memerintahkan Perum Bulog untuk selalu menjaga nilainya tetap stabil.  

Hari ini, Jokowi, demikian mantan Wali Kota Solo itu biasa disapa, mengunjungi gudang Bulog Divisi Regional Jakarta dan Banten, di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ditemani Direktur Utama Bulog Budi Waseso, Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dia ingin memastikan stok beras aman untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

Dengan persediaan yang memadai, Bulog diharapkan siap sedia untuk melakukan operasi pasar besar-besaran ketika harga beras melambung, terutama sebelum masa panen raya datang. Optimisme itu ditopang stok Bulog 2,1 juta ton beras. Pasokan itu merupakan volume yang besar jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 700 hingga 800 ribu ton.

Rapat koordinasi terbatas di Kemterian Perekonomian beberapa waktu lalu memutuskan penggelontoran beras Bulog pada operasi pasar ditargetkan mencapai 15 ribu ton per hari. Sementara target serapan beras petani oleh Bulog sepanjang tahun ini 1,8 juta ton.

Selengkapnya
Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (kiri), Menteri Perdagangan Enggar Lukito (kanan),dan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (kanan) saat melakukan peninjauan gudang beras milik Perum Bulog di divre DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Petugas menunjukkan beras milky premium, BerasKita, milik Bulog ddi Perum Bulog Divre Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Seorang memperlihatkan butiran beras di Perum Bulog diver DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Presiden Joko Widodo memastikan kesiapan stok beras milik Badan Urusan Logistik, Bulog, sebagai bagian dari upaya pengendalian harga.

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Sejumlah truk tersedia untuk kegiatan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga beras medium tahun 2019 di gudang beras milik Perum Bulog di divre DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Presiden Joko Widodo menyatakan telah mendapatkan info dari Bulog bahwa harga beras telah turun berkat sejumlah operasi besar-besaran di pasar.

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Presiden Joko Widodo ( kiri) didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (ketiga kanan), Menteri Perdagangan Enggar Lukito (kedua kanan),dan berbincang dengan Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, saat melakukan peninjauan gudang beras milik Perum Bulog di divre DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).

Beras Bulog
Foto: Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA

Siluet Presiden Joko Widodo saat melakukan peninjauan gudang beras milik Perum Bulog di divre DI Jakarta-Banten, Kelapa Gading, Jakarta, (10/1).