Beras Bulog Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
10 Januari 2019, 19:16

Harga Beras, Bulog, dan Permintaan Jokowi

Naik-turunnya harga beras selalu menjadi perhatian utama pemerintah. Sebagai bahan pokok utama, pergerakan komoditasi ini sensitif terhadap tingkat inflasi. Presiden Joko Widodo pun memerintahkan Perum Bulog untuk selalu menjaga nilainya tetap stabil.  

Hari ini, Jokowi, demikian mantan Wali Kota Solo itu biasa disapa, mengunjungi gudang Bulog Divisi Regional Jakarta dan Banten, di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ditemani Direktur Utama Bulog Budi Waseso, Menteri Koodinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dia ingin memastikan stok beras aman untuk memenuhi konsumsi masyarakat.

Dengan persediaan yang memadai, Bulog diharapkan siap sedia untuk melakukan operasi pasar besar-besaran ketika harga beras melambung, terutama sebelum masa panen raya datang. Optimisme itu ditopang stok Bulog 2,1 juta ton beras. Pasokan itu merupakan volume yang besar jika dibandingkan tahun lalu yang hanya 700 hingga 800 ribu ton.

Rapat koordinasi terbatas di Kemterian Perekonomian beberapa waktu lalu memutuskan penggelontoran beras Bulog pada operasi pasar ditargetkan mencapai 15 ribu ton per hari. Sementara target serapan beras petani oleh Bulog sepanjang tahun ini 1,8 juta ton.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami