Momen Keakraban Jokowi Bersama Puan dan Anies Nonton Formula E

Gabriel Wahyu Titiyoga
4 Juni 2022, 21:28
Presiden Joko Widodo menonton Formula E bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta International E-Prix Circuit, Sabtu (4/6).
Istimewa
Presiden Joko Widodo menonton Formula 3 bersama Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta International E-Prix Circuit, Sabtu (4/6).

Lomba balap mobil listrik Formula 3 atau lebih  akrab disebut Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, pada Sabtu (4/6) menyedot animo masyarakat. Dalam lomba yang dibuka Presiden Joko Widodo itu, turut hadir sejumlah pejabat antara lain Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Momen akrab terlihat dalam foto saat Jokowi, Puan, dan Anies duduk berdampingan di barisan terdepan podium VVIP Royal Suite JIEC. Ketiganya tampak semringah dan tersenyum lebar menghadap lensa kamera. Ada pun Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, ikut berpose di antara Jokowi dan Puan.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo, pun turut menonton balapan. Dia duduk di sisi kiri Anies. Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Formula E yang juga anggota DPR, Ahmad Sahroni, duduk di sebelah Jokowi.

Dalam foto terlihat juga Menteri Pariwisata Sandiaga Uno yang berdiri seraya tersenyum lebar di belakang para koleganya itu. Di sebelah Sandiaga, duduk Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, yang berdampingan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali.

Ada sejumlah pejabat lain yang ikut menonton lomba adu cepat mobil listrik itu, di antaranya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah. Sejumlah petinggi partai politik, seperti Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar. 

Seusai lomba, Jokowi menyerahkan trofi juara kepada pembalap tim Jaguar TCS Racing, Mitch Evans. Sahroni menyerahkan piala kepada pembalap Jean-eric Vergne yang mennyelesaikan lomba di urutan kedua. Ada pun Anies menyerahkan piala kepada juara konstruktor yaitu tim Jaguar TCS Racing.

Momen nonton bareng Formula 3 itu menunjukkan kebersamaan Jokowi, Puan, dan Anies dalam satu panggung. Hubungan ketiganya pun kerap mengalami pasang-surut. 

Isu merenggangnya relasi Jokowi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputeri, mencuat lantaran silang pendapat soal calon presiden yang akan diusung pada Pemilihan Umum 2024. Pasalnya, ada dua tokoh PDIP yang digadang-gadang akan maju, yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Megawati terkesan lebih condong mengusung Puan yang merupakan putrinya menjadi calon presiden. Ada pun Jokowi melontarkan sinyal mendukung Ganjar, termasuk dalam Rapat Kerja Nasional V para sukarelawan Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, pada Mei lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...