Terkendala Infrastruktur dan Energi, 433 Desa Belum Teraliri Listrik

Dimas Jarot Bayu
3 April 2020, 15:46
listrik desa, elektrifikasi desa,
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Dusun Saruan, Desa Merbau, OKU Selatan, Sumatera Selatan, tak lagi gelap saat malam hari. Meski demikian, masih ada 433 desa lainnya yang belum dialiri listrik hingga saat ini. Proses elektrifikasi 433 desa tersebut pun terkendala infrastruktur dan ketersediaan sumber energi.

Pemerintah mengungkapkan bahwa masih ada 433 desa di Indonesia yang saat ini belum mendapatkan listrik. Rinciannya, 325 desa di Papua, 102 desa di Papua Barat, lima desa di Nusa Tenggara Timur, dan satu desa di Maluku.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, elektrifikasi 433 desa tersebut hingga saat ini terkendala masalah infrastruktur karena berada di daerah terpencil.

"Dari sisa yang ada terkendala oleh infrastruktur, bagaimana bisa masuk dan memetakan lokasinya," kata Arifin usai rapat terbatas melalui video conference, Jumat (3/4).

Selain itu, Arifin menyebut ada hambatan dari sisi keamanan untuk bisa mengaliri listrik ke sejumlah desa tersebut. Sebab, ada desa yang berada di daerah-daerah rawan.

(Baca: Jokowi Kesal Kemudahan Akses Listrik RI Kalah dari Negara Tetangga)

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menambahkan, faktor lain yang menjadi kendala adalah ketersediaan energi di 433 desa tersebut. "Karena sangat remote harus bisa menggunakan sumber-sumber energi pada desa tersebut," kata Zulkifli.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...