Cetak Penjualan Rp 54 T, Shopee E-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara

Michael Reily
23 Agustus 2019, 13:39
Shopee, e-commerce, lazada
Shopee
Cristiano Ronaldo (kiri) jadi Brand Ambassador Shopee, Rabu (14/8). Dengan total transaksi mencapai US$ 3,8 miliar atau Rp 54 triliun, Shopee menjadi e-commerce paling populer di Asia Tenggara berdasarkan laporan iPrice.

Menurut laporan iPrice terbaru, Shopee mencatatkan diri sebagai e-commerce paling populer di kawasan Asia Tenggara untuk periode kuartal II tahun ini baik dari segi aktivitas dalam aplikasi, jumlah unduhan, serta total transaksi di pasar regional.

Total transaksi Shopee tercatat sebesar US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 54 triliun pada kuartal II 2019. Nilai transaksi perusahaan e-commerce asal Singapura itu meningkat 72,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 41 triliun.

Keunggulan Shopee di Asia Tenggara mengalahkan Lazada yang merupakan aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif tertinggi di empat dari enam negara yang diukur oleh iPrice. Namun, pengguna aktif Shopee lebih tinggi daripada Lazada di Indonesia.

"Indonesia adalah pasar terbesar di Asia Tenggara, yang bisa menjelaskan mengapa Shopee menjadi pemimpin," tulis Zhixin Tan dalam laporan iPrice, dikutip Jumat (23/8).

(Baca: Shopee Bakal Rilis Fitur Rekomendasi Produk, Mirip Media Sosial)

Sementara itu, Tokopedia menempati peringkat ketiga di Asia Tenggara meski tak masuk 10 besar di lima negara. Capaian Tokopedia di Asia Tenggara terdorong oleh pengguna Indonesia yang membuat startup nasional itu menjadi jawara di negeri sendiri.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...