Cetak Penjualan Rp 54 T, Shopee E-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara
Menurut laporan iPrice terbaru, Shopee mencatatkan diri sebagai e-commerce paling populer di kawasan Asia Tenggara untuk periode kuartal II tahun ini baik dari segi aktivitas dalam aplikasi, jumlah unduhan, serta total transaksi di pasar regional.
Total transaksi Shopee tercatat sebesar US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 54 triliun pada kuartal II 2019. Nilai transaksi perusahaan e-commerce asal Singapura itu meningkat 72,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 41 triliun.
Keunggulan Shopee di Asia Tenggara mengalahkan Lazada yang merupakan aplikasi e-commerce dengan pengguna aktif tertinggi di empat dari enam negara yang diukur oleh iPrice. Namun, pengguna aktif Shopee lebih tinggi daripada Lazada di Indonesia.
"Indonesia adalah pasar terbesar di Asia Tenggara, yang bisa menjelaskan mengapa Shopee menjadi pemimpin," tulis Zhixin Tan dalam laporan iPrice, dikutip Jumat (23/8).
(Baca: Shopee Bakal Rilis Fitur Rekomendasi Produk, Mirip Media Sosial)
Sementara itu, Tokopedia menempati peringkat ketiga di Asia Tenggara meski tak masuk 10 besar di lima negara. Capaian Tokopedia di Asia Tenggara terdorong oleh pengguna Indonesia yang membuat startup nasional itu menjadi jawara di negeri sendiri.