Jasa Marga: 367 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta hingga H-3 Lebaran

Image title
22 Mei 2020, 16:48
mudik lebaran, lebaran, kendaraan lebaran, virus corona, larangan mudik, covid 19
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Menurut pantuan Jasa Marga sebanyak 367 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta hingga H-3 Lebaran tahun ini.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 367 ribu kendaraan keluar DKI Jakarta sejak H-7 hingga H-3 Lebaran tahun ini. Kondisi ini sangat ironis lantaran masyarakat masih nekat mudik di tengah adanya larangan mudik lebaran untuk memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan pihaknya melakukan pemantauan di tiga pintu keluar Jakarta yakni di wilayah selatan, timur dan barat. Kendati demikian, dibandingkan musim mudik Lebaran tahun lalu jumlah kendaraan yang keluar Jakarta turun 61%.

"Kami mencatat total ada 367.703 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah timur, arah  arat dan arah selatan. Angka ini turun 61% dari lalu lintas di periode Lebaran tahun 2019," kata dia melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Jumat (22/5).

(Baca: Jasa Marga Catat 306 Ribu Kendaraan Keluar Jakarta hingga H-4 Lebaran)

Dwimawan menjelaskan, distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah 39% dari arah timur, 35% dari arah barat, dan 26% dari arah selatan.

Dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Rinciannya yakni GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 78.013 kendaraan, turun sebesar 81% dari Lebaran tahun 2019. Kemudian GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 64.898 kendaraan, turun 58%. Sehingga jumlah total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 142.911 kendaraan, turun 75%.

"Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang adalah sebesar 128.051 kendaraan, turun sebesar 43% dari Lebaran tahun 2019," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...