RS Buka Pre-Order Vaksin Corona, Bio Farma: Tunggu Pengumuman Resmi

Happy Fajrian
13 Desember 2020, 14:11
pre order vaksin, vaksin virus corona, bio farma,
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020).

Seiring mulai datangnya vaksin virus corona ke Indonesia, beberapa rumah sakit dikabarkan telah membuka layanan pemesanan (pre-order) vaksin untuk jalur mandiri. Padahal vaksinasi masih menunggu izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Perusahaan pelat merah yang menangani pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia, Bio Farma, menyatakan hingga saat ini belum membuka sistem pelayanan pre-order vaksin jalur mandiri dalam bentuk apapun. Baik untuk fasilitas kesehatan maupun perorangan.

Hal ini lantaran pemerintah masih menyelesaikan skema pelaksanaan vaksinasi baik untuk kebutuhan program bantuan pemerintah maupun vaksinasi mandiri.

“Saat ini Bio Farma masih mengembangkan sistem yang akan digunakan untuk pemesanan pre-order vaksinasi Covid-19 khususnya untuk jalur mandiri,” kata juru bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto, menyikapi iklan atau promo pre-order vaksin Covid-19 jalur mandiri yang beredar di media sosial.

Bambang menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada ketentuan maupun pengaturan teknis dari pemerintah terkait hal pemesanan pre-order vaksin. Apalagi pelaksanaan vakinasi masih menunggu izin penggunaan darurat dari BPOM.

Kedatangan Vaksin COVID-19 tahap pertama sejumlah 1.2 juta dosis dari Sinovac pada 6 Desember 2020 yang lalu, telah menarik perhatian masyarakat banyak. Saat ini, selagi proses evaluasi izin penggunaan dari BPOM berjalan, pemerintah sedang mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Mengenai penyediaan layanan vaksinasi Covid-19 seperti rumah sakit, klinik, dan fasilitas kesehatan lainnya, Bio Farma masih melanjutkan proses pendaftaran dan verifikasi, untuk jalur mandiri, melalui asosiasi-asosiasi resmi.

Selanjutnya, memahami adanya inisiatif, dan kebutuhan untuk mempersiapkan dari awal masyarakat yang berminat vaksinasi, Bio Farma mengimbau kepada penyedia layanan kesehatan untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait petunjuk teknis pelaksanaan pemesanan pre-order vaksin Covid-19 jalur mandiri.

Rumah sakit yang telah membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 di antaranya Rumah Sakit Umum (RSU) Bunda, Jakarta Selatan dan Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, masing-masing melalui laman media sosial Instagram-nya, @rsubundajakarta dan @rumahsakit.uii.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar, RSU Bunda membuka pra-registrasi vaksinasi Covid-19 melalui tautan yang disampaikan melalui instagramnya tersebut. Beberapa RS yang tergabung dalam grup RSU Bunda yang menerima pra-registrasi di antarany RSU Bunda Jakarta, RSIA Bunda Jakarta, RSU Bunda Margonda, RSIA Citra Ananda, RSU Bunda BMC Padang, BIC Vida Bekasi, dan BIC Pacific Palace.

“Tahap pelaksanaan, jenis vaksin dan harga menunggu keputusan dari pemerintah,” tulis pernyataan RSU Bunda di laman Instagram-nya.

Sedangkan RS UII membuka pendaftaran melalui WhatsApp di nomor 0823 5226 6677. “Pasien yang melakukan perjanjian/booking vaksin Covid-19 akan mendapatkan prioritas. Cukup melakukan appointment tanpa pembayaran di muka,” tulis iklan di Instagram SU UII.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...