Boeing 777 United Air Rusak saat Terbang, Serpihannya Kenai Permukiman

Pesawat Boeing 777-200 milik United Airlines yang akan terbang dari Denver ke Honolulu, Hawaii, mengalami kerusakan mesin tak lama setelah lepas landas.
Image title
21 Februari 2021, 11:43
pesawat boeing, united airlines, amerika, boeing 777
Hayden Smith Instagram @speedbird5280
Asap mengepul dari mesin sebelah kanan pesawat Boeing 777-200 milik United Airlines dengan nomor penerbangan 328 dari Denver, Colorado menuju Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS).

Pesawat Boeing 777-200 milik maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS), United Airlines, mengalami masalah mesin tak lama setelah lepas landas dari Denver, pada Sabtu (20/2). Meski begitu, pesawat berhasil mendarat kembali di bandara asalnya.

Reuters melaporkan bahwa ada serpihan pesawat yang lepas dan jatuh di kawasan permukiman penduduk. Di media sosial juga beredar foto-foto yang menunjukkan bagian pesawat yang cukup besar jatuh di halaman rumah.

Sebuah video di media sosial juga menunjukkan jejak asap hitam di langit yang ditinggalkan pesawat. “Ada yang meledak,” kata orang dalam video tersebut, seperti dikutip Reuters, Minggu (21/2).

Sementara dalam rekaman audio dari situs pemantauan live.atc.net, seorang pilot United Airlines terdengar membuat panggilan darurat ke kontrol lalu lintas udara. "Mayday, pesawat baru saja mengalami kerusakan mesin, segera berbalik arah," transkrip audio tersebut.

Otoritas penerbangan AS, The Federal Aviation Administration (FAA) menyatakan telah menerima laporan insiden tersebut serta adanya puing-puing (serpihan pesawat) yang jatuh di sekitar jalur penerbangan.

United Airlines mengklaim tidak ada penumpang pesawat mengalami cedera, ataupun warga di darat. Pesawat dengan nomor penerbangan 328 tersebut membawa 231 penumpang dan 10 awak pesawat, sedianya akan terbang ke Honolulu, Hawaii.

FAA bersama Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menyatakan sedang menyelidiki insiden tersebut. Adanya Kepolisian Broomfield, Denver, Colorado juga melaporkan bahwa pesawat tersebut menjatuhkan puing-puing di lingkungan permukiman dan memperingati warga agar tidak mendekat.

United mengatakan sedang berhubungan dengan FAA, NTSB serta penegak hukum setempat. "Semua penumpang dan awak telah turun dan diangkut kembali ke terminal di Denver,” tulis pernyataan United Airlines. “Kami sekarang berupaya agar pelanggan kami mendapatkan penerbangan baru ke Honolulu”.

Menurut situs flightdeckfriend.com, masalah mekanis atau mesin merupakan salah satu penyebab kecelakaan pesawat terbanyak. Lainnya yaitu kesalahan pilot, cuaca, dan sabotase. Simak databoks berikut:

Association of Flight Attendants-CWA, yang mewakili awak kabin United Airlines, mengatakan bahwa komite bantuan dan keselamatan karyawannya memberikan bantuan kepada kru. “Kami bersyukur pesawat mendarat dengan selamat,” kata serikat pekerja. Boeing mengatakan telah menerima laporan tentang insiden tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait