Investasi Rp 11,2 T, Mitsubishi Izinkan RI Ekspor Mobil ke Australia

Happy Fajrian
10 Maret 2021, 17:12
mitsubishi, ekspor mobil, australia,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mobil Mitsubishi XPander dalam ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Gedung Nusantara 2, ICE BSD,  Tangerang,  Banten (18/7/2019).

Produsen otomotif asal Jepang, Mitsubishi Motors telah memberikan izin kepada Indonesia yang berniat mengekspor mobil ke pasar Australia. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita hari ini berkunjung ke Jepang dan telah bertemu dengan perwakilan dari Mitsubishi.

Menurut Menperin Agus mengatakan bahwa ini memang misi pemerintah Indonesia datang ke Jepang, salah satunya untuk melobi pabrikan atau prinsipal otomotif Jepang agar memberikan perluasan pasar ekspor ke Australia.

“Mereka memberikan izin tambahan pasar ekspor ke sembilan negara. Mitsubishi sudah memberikan komitmen bahwa Australia akan menjadi salah satu negara yang masuk dalam list,” kata Menperin Agus melalui konferensi pers secara virtual dari Jepang, Rabu (10/3).

Agus menambahkan bahwa Australia merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. Apalagi Indonesia dan Australia sudah terikat perjanjian perdagangan bebas CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Adapun mobil buatan Mitsubishi yang rencananya akan diekspor ke Australia yaitu Xpander dan Pajero. Merek-merek mobil terlaris yang diekspor dari Indonesia dapat disimak pada databoks berikut:

Selain memberikan izin perluasan pasar ekspor, Mitsubishi juga telah berkomitmen untuk menambah investasinya di Indonesia sebesar Rp 11,2 triliun. Agus mengatakan bahwa Investasi ini untuk peningkatan kapasitas produksi dan juga untuk mengembangkan kendaraan listrik.

“Mitsubishi akan meluncurkan dua model turunan Xpander, satu model Xpander plug-in hybrid rechargeable (PHEV) dan satu model lagi HEV atau PHEV khusus untuk pasar ekspor,” kata dia.

Agus menegaskan bahwa kunjungannya ke Jepang hari ini merupakan atas undangan produsen otomotif dan pemerintah Jepang. Namun ia baru bertemu dengan Mitsubishi, sedangkan dengan prinsipal otomotif lainnya yakni Honda, Suzuki, Toyota, Mazda, dan Nissan akan berlangsung besok, Kamis (11/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...