Perluas Pasar Ekspor Mobil RI, Menperin Lobi Raksasa Otomotif Jepang

Happy Fajrian
10 Maret 2021, 10:19
menperin, agus gumiwang, ekspor mobil, jepang
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan bertolak ke Jepang untuk melobi produsen otomotif seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Suzuki, dan Mazda, agar bisa mengekspor mobil ke Australia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita bertolak ke Jepang untuk memenuhi undangan sejumlah pelaku utama industri otomotif yakni Toyota Motors, Mitsubishi Motors, Honda, Suzuki, dan Mazda.

Pemerintah tengah berupaya untuk memperluas pasar ekspor produk otomotif Indonesia. Untuk itu, Menperin Agus akan melobi produsen otomotif di Negeri Sakura agar Indonesia bisa mengekspor mobil ke Australia, Ini lantaran kebijakan pemasaran merupakan ranah sang pemilik merek.

Agus juga akan memenuhi undangan dari Kementerian Ekonomi dan Perdagangan Jepang (METI) dan Kantor Perdana Menteri Jepang, dengan agenda utama menarik investasi Jepang ke Indonesia.

“Kami akan all out untuk menarik investasi. Kunjungan kali ini khusus untuk mengawal komitmen investasi baru sektor otomotif dan petrokimia. Dengan METI, kami akan menjajaki proses evaluasi dan tindak lanjut IJEPA dan New MIDEC," kata Agus melalui keterangan resmi, dikutip Antara, Rabu (10/3).

Menperin menyampaikan pihaknya terus berupaya mendorong realisasi komitmen investasi pada sektor manufaktur nasional.

Delegasi juga akan bertemu dengan asosiasi yang beranggotakan 100 perusahaan di Jepang atau Kaidanren dan lembaga persahabatan yang aktif mempromosikan hubungan Indonesia-Jepang atau Japan Indonesia Association (Japinda).

Investasi asing asal Jepang merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Perkembangan aliran investasi dari Jepang dapat disimak pada databoks berikut: 

Menperin mendorong para investor Jepang untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik atau electrified vehicles (EV). Menperin juga akan menjelaskan UU Cipta Kerja pada pelaku industri, counterpart, dan menteri METI.

Kunjungan Menperin kali ini merupakan kunjungan kerja menteri pertama di dunia yang diterima secara resmi oleh pemerintah Jepang semenjak negara Sakura tersebut menetapkan status State of Emergency. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan mitra bilateral yang sangat penting bagi Jepang.

Ekspor Mobil ke Australia

Keinginan untuk mengekspor mobil ke Australia beberapa kali disampaikan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dia menargetkan ekspor mobil ke Negeri Kangguru bisa mencapai 120 ribu unit per tahun atau 10% dari total pembelian mobil Australia yang mencapai 1,2 juta unit per tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...