Nissan dan Mitsubishi akan Produksi Mobil Listrik Murah Rp 200 Juta-an

Happy Fajrian
15 Maret 2021, 14:04
mobil listrik murah, nissan mitsubishi, mobil listrik
Nissan Global
Konsep desain kei car elektrik buatan Nissan dan Mitsubishi yang rencananya akan dirilis pada 2022. Mobil ini dijual mulai dari 2 juta yen atau Rp 265 juta. Namun pembeli akan mendapatkan subsidi dari pemerintah Jepang mulai 200 ribu hingga 450 ribu yen, sehingga harganya tidak sampai Rp 200 juta per unit.

Dua produsen otomotif asal Jepang, Nissan Motor dan Mitsubishi Motors, bekerja sama membuat mobil listrik mungil murah yang rencananya akan diluncurkan pada 2022. Harga mobil listrik ini diperkirakan tidak lebih dari 2 juta yen, sekitar Rp 265 juta (asumsi kurs Rp 132 per yen), setara harga mobil bensin.

Nissan dan Mitsubishi memang tengah mengembangkan kei car elektrik, sebutan untuk mobil berdimensi super mungil di Jepang untuk perjalanan jarak pendek atau penggunaan sehari-hari. Ini berarti mobil ini nantinya hanya akan dijual dan dipasarkan di Jepang.

Advertisement

Nantinya mobil akan dibekali dengan baterai yang kapasitasnya dibatasi hanya untuk menempuh jarak maksimal 200 kilometer (km) untuk menekan harganya. Meski demikian, pembeli di sana nantinya akan mendapat subsidi dari pemerintah mulai dari 200 ribu yen (Rp 26,5 juta).

Bahkan di beberapa kota besar seperti Tokyo, pembeli bisa mendapatkan subsidi hingga 450 ribu yen (Rp 59,7 juta), sehingga harganya turun menjadi sekitar 1,5 juta yen atau di bawah Rp 200 juta.

Kei car mendominasi pangsa pasar mobil di Jepang hingga 40%. Mobil jenis ini memainkan peran yang penting dalam mempercepat penggunaan mobil listrik di Jepang yang memang tertinggal di belakang pasar mobil listrik dunia seperti Eropa dan Tiongkok.

"Saat minicar bertenaga listrik, mereka akan menjadi lebih berharga sebagai infrastruktur sosial regional," kata peneliti dari Itochu Research Institute, Sanshiro Fukao, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Senin (15/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement