Kebutuhan Gas Diprediksi Naik, Arcandra Tahar: Saatnya PGN Ekspansi

Image title
29 April 2021, 20:37
arcandra tahar, pgn, kebutuhan gas
Katadata
Ilustrasi pipa gas.

Perusahaan Gas Negara atau PGN tengah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan perannya sebagai subholding gas. Komisaris Utama PGN Arcandra Tahar mengatakan tahun ini menjadi momen bagi PGN untuk bangkit guna melakukan ekspansi bisnis gas bumi termasuk LNG Retail.

PGN harus bisa menangkap peluang meningkatnya permintaan gas pascapandemi Covid-19 dan di era transisi menuju energi terbarukan. Hal ini setelah pandemi membuat permintaan energi termasuk gas bumi anjlok.

"Menurut Wood Mackenzie, benar bahwa kebutuhan gas di tahun 2020 turun. Tapi pada 2030, akan ada peningkatan sekitar 550 juta ton per tahun seiring dengan perkembangan proyek gas yang ada," ujar Arcandra dalam keterangan tertulis, Kamis (29/4).

Dia memprediksi permintaan gas kemungkinan besar akan kembali ke level sebelum pandemi Covid-19 terjadi, diiringi dengan mulai menggeliatnya perekonomian pada 2021. Meskipun hal tersebut tergantung pada keberhasilan penanganan Covid-19.

"Namun demikian PGN berharap perkembangan proyek, vaksin, dan sebagainya akan membuat kebutuhan LNG naik, seiring dengan menggeliatnya ekonomi," kata dia.

Kebutuhan LNG dunia dalam 10 tahun ke depan pun diprediksi masih akan meningkat meskipun dengan perkembangan energi terbarukan yang akan menggantikan sebagian permintaan energi. Oleh karena itu dia berharap industri gas dapat terus tumbuh.

Pasalnya Arcandra menilai peran gas sangat dibutuhkan di masa transisi energi dari bahan bakar fosil menuju energi terbarukan. “Kita tidak bisa langsung memenuhi kebutuhan energi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan secara serta merta. Harus ada perantaranya salah satunya adalah gas,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...