Ada Aksi Tolak PPKM, Pemerintah Tindak Demonstrasi Tanpa Prokes

Happy Fajrian
24 Juli 2021, 16:07
ppkm, mahfud md, demonstrasi, aksi tolak ppkm
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj.
Menkopolhukam Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah akan menindak tegas aksi demonstrasi yang berjalan tanpa protokol kesehatan, seiring gelombang penolakan PPKM di sejumlah daerah.

Pemerintah melalui Menkopolhuman Mahfud MD akan menindak keras aksi-aksi demonstrasi yang berjalan tanpa protokol kesehatan. Hal ini seiring dengan adanya seruan aksi demonstrasi sebagai bentuk penolakan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa daerah.

Mahfud menegaskan bahwa ini dilakukan demi menjaga keselamatan masyarakat luas. Dia menyebutkan pemerintah menyadari bahwa masyarakat dihadapkan pada dua ketakutan. Ada yang takut meninggal karena terpapar Covid-19, dan ada pula yang takut meninggal karena keadaan ekonomi.

Advertisement

Ketakutan inilah yang kemudian menimbulkan gelombang resistensi kebijakan PPKM di beberapa daerah. “Aksi demonstrasi yang tidak sesuai dengan prokes, membahayakan keselamatan masyarakat, serta melanggar hukum, kami akan menindak tegas,” ucap Menkopolhukam Mahfud MD dalam konferensi persnya, Sabtu (24/7).

Mahfud melanjutkan, tindakan penegakkan hukum diambil semata-mata dalam upaya menjaga keselamatan masyarakat. “Sesuai dengan prinsip pengambilan keputusan, yaitu menjaga keselamatan masyarakat,” ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud pun menegaskan bahwa pemerintah pasti mendengar aspirasi masyarakat. Namun dalam masa pandemi, penyampaian aspirasi itu harus dilakukan melalui medium yang mendukung protokol kesehatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement