Pedagang Pasar Tolak Wacana Perpanjangan PPKM Darurat

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 Juli 2021, 18:36
ppkm darurat, ppkm, pedagang pasar, pedagang, vaksinasi, insentif pedagang pasar, bansos pedagang pasar
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Omzet pedagang pasar turun akibat kebijakan PPKM darurat.

Pedagang pasar menolak wacana pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Wacana ini sempat diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Senin (12/7) lalu sebagai upaya menurunkan angka lonjakan kasus Covid-19.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menilai perpanjangan PPKM darurat akan membuat pendapatan pedagang pasar semakin tertekan. Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan saat ini kondisi pedagang pasar sangat memprihatinkan.

Bahkan, 45% pasar tradisional di Indonesia sudah tutup karena pemberlakuan PPKM darurat. “Omzet pedagang 70% sudah turun. Tidak hanya menjerit, namun banyak yang tidak bisa berdagang. Untuk bertahan saja tidak bisa,” kata Reynaldi kepada Katadata.co.id, Jumat (16/7).

Menurutnya, pemerintah juga belum cukup membantu para pedagang pasar yang kesulitan. Tidak ada bantuan insentif dari pemerintah bagi para pedagang pasar.

Selain itu, pelaksanaan PPKM darurat juga sudah mulai mengganggu distribusi pangan yang mengakibatkan melonjaknya harga beberapa komoditas. “Kalau seperti ini pedagang harus apa? Harga jadi naik, padahal yang beli gak ada,” ujar dia.

Ketimbang memperpanjang PPKM darurat, Ikappi meminta pemerintah menggencarkan vaksinasi bagi pegadang pasar. Selain untuk menekan penularan virus Corona, vaksinasi juga dilakukan agar masyarakat merasa aman saat berbelanja ke pasar.

Dia menjelaskan dari 154 pasar tradisional yang ada di Jakarta, baru 7 pasar yang pedagangnya sudah divaksinasi. Namun, Reynaldi tidak menyebutkan detail mengenai lokasi pasar tradisional tersebut.

Senada dengan Ikappi, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan, perpanjangan PPKM darurat akan menambah beban para pedagang pasar.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...