Batu Bara Masih Jadi Andalan Energi RI, Cadangannya 38 Miliar Ton

Image title
27 Juli 2021, 19:25
batu bara, cadangan batu bara, energi
Donang Wahyu | KATADATA
Tambang batu bara.

Pemerintah memberikan sinyal masih akan mengandalkan batu bara sebagai salah satu sumber energi meskipun semakin banyak tekanan dari dunia internasional untuk menghentikan pemakaian bahan bakar 'kotor' ini.

Kementerian ESDM menyampaikan bahwa Indonesia masih memiliki cadangan batu bara 38,84 miliar ton. Dengan rata-rata produksi batu bara sebesar 600 juta ton per tahun, maka cadangan ini bisa bertahan hingga 65 tahun apabila diasumsikan tidak ada temuan cadangan baru.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin mengatakan selain cadangan batu bara, masih ada juga sumber daya batu bara yang tercatat sebesar 143,7 miliar ton.

"Batu bara kita masih banyak. Kita punya 65 tahun umur cadangan. Sebagian besar ada di Kalimantan dan Sumatera," kata Ridwan dikutip melalui laman resmi Kementerian ESDM, Selasa (27/7).

Menurut dia Kalimantan saat ini menyimpan 62,1% dari total potensi cadangan dan sumber daya batu bara terbesar di Indonesia, yaitu 88,31 miliar ton sumber daya dan cadangan 25,84 miliar ton.

Selanjutnya, wilayah yang memiliki potensi tinggi adalah Sumatera dengan 55,08 miliar ton (sumber daya) dan 12,96 miliar ton (cadangan). "Mau tidak mau masih menjadi andalan Indonesia dalam penyediaan energi dengan harga terjangkau," kata Ridwan.

Simak databoks berikut, provinsi dengan sumber daya batu bara terbesar di Indonesia:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...