Perayaan HUT RI ke-76, Bendera Raksasa Melintas di Atas Istana Merdeka

Rizky Alika
16 Agustus 2021, 09:15
hut ri
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, Bendera Merah Putih Raksasa.

Setiap tanggal 17 Agustus Indonesia memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan. Pada peringatan HUT RI ke-76 yang jatuh besok, Selasa (17/8), TNI Angkatan Udara memberikan persembahan bendera merah putih raksasa berukuran 20x30 meter yang melintas di atas Istana Merdeka, Jakarta.

"Ada helikopter yang membawa bendera merah putih raksasa melintasi Istana Merdeka dari arah barat ke timur," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Katadata, akhir pekan lalu (13/8).

Advertisement

Heru menerangkan bahwa Menurutnya, helikopter yang membawa bendera tersebut akan diapit oleh dua helikopter lainnya di sisi kiri dan kanan. Selain itu, sekitar delapan pesawat jet tempur juga bakal melintasi Istana Merdeka. "Tapi terbangnya selisih sekian menit dengan helikopter," ujar dia.

Nantinya, jet tempur itu akan melintas dari arah utara ke selatan Istana Merdeka. Helikopter dan jet tempur tersebut akan diterbangkan usai aubade. "Jadi jauh setelah detik-detik proklamasi," ujar dia.

Penerbangan Bendera Merah-Putih Raksasa ini merupakan atraksi pertama kali dalam sejarah. “Ini merupakan momen bersejarah karena untuk pertama kalinya bendera raksasa berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh helikopter TNI AU,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah seperti dikutip dari berita TNI AU.

Terkait upacara detik-detik proklamasi, Heru memastikan sebagian besar tamu akan menghadiri secara virtual. Upacara di Istana Negara hanya diikuti oleh petugas upacara serta sembilan ketua lembaga seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Mahkamah Agung, hingga Komisi Yudisial.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement