AKR Corporindo Targetkan 35 SPBU BP Beroperasi Akhir Tahun ini

Image title
8 September 2021, 14:06
spbu, akr, bp, british petroleum, bbm
AKR Corporindo
SPBU BP-AKR.

PT AKR Corporindo Tbk dan British Petroleum (BP) berencana untuk membangun 350 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia selama 10 tahun ke depan. Sebanyak 30-35 unit di antaranya ditargetkan beroperasi akhir tahun ini.

Presiden Direktur AKR Corporindo, Haryanto Adikoesoemo, mengatakan bahwa perusahaan akan terus memperluas jaringan SPBU BP di Indonesia. Adapun SPBU tersebut dikembangkan melalui perusahaan patungan dengan BP, Aneka Petroindo Raya (APR).

Berdasarkan informasi dari laman resmi AKR, SPBU BP yang telah beroperasi di Indonesia saat ini berjumlah 18 gerai. "Di akhir tahun ini kami targetkan bisa beroperasi 30-35 SPBU dan setiap tahun kami akan bangun 40-45 SPBU," katanya dalam Public Expose Live 2021 secara virtual, Rabu (8/9).

Untuk perdagangan di segmen bahan bakar minyak (BBM), pangsa pasar paling besar AKR yakni berasal dari sektor pertambangan yakni 49% dari total penjualan. Kemudian pasar umum termasuk perkebunan sebesar 38%, pembangkit listrik 5%, serta retail SPBU milik AKR dan yang bermitra dengan BP menyumbang 8%.

Perusahaan juga sudah memulai untuk mendistribusikan produk avtur untuk sektor penerbangan. Bersama BP, AKR memiliki anak usaha yang memasok avtur di Bandara Kawasan Industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah. Kemudian AKR-BP juga memasok avtur untuk pesawat ringan dan helikopter di Cibubur.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...