Efek BTS, Lebih dari 1 Juta Orang Menonton Sidang Umum PBB

BTS tampil dan memberikan pidato selama tujuh menit yang diakhiri dengan penayangan video musik lagu hit mereka yang berjudul "Permission to Dance", yang ditayangkan di kanal YouTube PBB.
Image title
21 September 2021, 20:29
bts, pbb,
YouTube-United Nations
BTS hadir sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Sidang Umum PBB.

Sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar pada Senin (20/9), di New York, Amerika Serikat (AS), berubah menjadi acara terpanas di jagat maya seiring kehadiran superstar musik pop Korea atau K-pop, BTS, berpidato pada acara tahunan tersebut.

ARMY, julukan fans BTS, menyerbu kanal YouTube resmi PBB, yang menayangkan langsung acara tersebut, dan membanjiri kolom komentar dengan emoji hati berwarna ungu yang menjadi ciri khas mereka.

Lebih dari 980 ribu orang menonton dengan puluhan ribu lainnya menonton melalui kanal YouTube lainnya yang juga menayangkan acara tersebut di berbagai platform.

Fans BTS pun langsung mendominasi kolom percakapan (chat) ketika idolanya mulai berpidato, dengan penonton lainnya mengingatkan para ARMY untuk tetap sopan pada acara yang sejatinya membicarakan tentang Sustainable Development Goals (SDGs).

Namun menurut laporan Washington Post, para ARMY BTS terus maju dan memperkuat pesan dari idola mereka tentang generasi muda untuk membentuk masa depan, mulai dari memperhatikan isu perubahan iklim hingga keterhubungan digital.

Dalam pidatonya, masing-masing anggota BTS yang terdiri dari 7 orang, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook, menyampaikan pandangan mereka tentang masa depan generasi muda yang dibentuk oleh pandemi Covid-19.

“Para fans BTS telah melalui dua tahun dalam pandemi untuk mempelajari hal-hal baru secara online, terhubung satu sama lainnya pada tingkat yang lebih dalam, dan mempelajari isu-isu seperti perubahan iklim dan bagaimana mereka dapat membuat perbedaan,” kata BTS, dikutip Washington Post, Selasa (21/9).

Mereka berharap bahwa generasi muda akan dihargai karena kemampuannya dalam menciptakan dunia yang positif dan sehat melalui komunitas online mereka, bukan sebagai korban pandemi.

“Saya pernah mendengar bahwa orang-orang di usia belasan dan 20an hari ini disebut sebagai generasi yang hilang dari Covid-19,” kata RM. “Saya pikir berlebihan untuk mengatakan bahwa mereka tersesat hanya karena jalan yang mereka lalui tak dapat dilihat oleh mata orang dewasa”.

BTS pun secara antusias mendukung vaksinasi Covid-19. “Ya, kami bertujuh tentu saja sudah divaksinasi. Vaksin seperti tiket untuk bertemu dengan penggemar kami yang menunggu kami untuk dapat berdiri di sini di hadapan anda hari ini,” kata J-Hope.

Setelah pidato sekitar tujuh menit, BTS menunjukkan penampilan video dari lagu hit mereka yang berjudul “Permission to Dance”.

Video tersebut menunjukkan para anggota bernyanyi dan menari di seluruh Aula Sidang Umum dan di gedung markas besar PBB. Para anggota mengatakan mereka berharap lagu itu akan menginspirasi kepositifan dan sambutan.

Ini bukan kunjungan pertama BTS di PBB, namun menjadi penampilan pertama mereka dalam menjalankan peran diplomatik baru sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan untuk generasi muda dan budaya masa depan dan mendampingi Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke sesi ke-76 Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Dalam sambutannya memperkenalkan BTS, Moon menyebut band tersebut sebagai artis yang paling dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait