Bos Pfizer Ramal Hidup Normal Tahun Depan, tapi Rutin Vaksinasi Covid

Happy Fajrian
27 September 2021, 07:45
vaksin covid-19, vaksinasi, vaksin covid, vaksin virus corona, covid-19, pandemi corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/hp/cf
Ilustrasi vaksin. Dunia dapat kembali ke kehidupan normal dalam setahun, namun dibutuhkan vaksinasi Covid-19 tahunan.

CEO dan Chairman Pfizer Albert Bourla meyakini dunia dapat pulih dari pandemi corona dan kembali ke kehidupan normal dalam setahun. Meski demikian, nantinya akan dibutuhkan vaksinasi Covid-19 tahunan untuk mengantisipasi munculnya varian-varian baru virus corona.

“Dalam setahun saya pikir kita bisa kembali ke hidup normal,” kata Bourla dalam sebuah wawancara di stasiun televisi ABC, dikutip dari CNBC, Senin (27/9).

Advertisement

Meski demikian, untuk kembali ke kehidupan normal, dunia tetap harus mewaspadai munculnya varian-varian baru virus corona. Oleh karena itu vaksinasi tetap dibutuhkan. “Tapi kita akan lihat itu nanti. Saya tidak berpikir kalau kita dapat menjalani hidup kita tanpa vaksinasi,” ujarnya.

Oleh karena itu dia memprediksi untuk bisa kembali ke kehidupan normal, dunia akan membutuhkan vaksinasi Covid-19 tahunan. Pasalnya varian-varian baru virus akan terus bermunculan dan menyebar ke seluruh dunia.

“Kami akan memiliki vaksin yang akan bertahan setidaknya satu tahun. Saya pikir skenario yang paling mungkin adalah vaksinasi tahunan, tapi kami belum tahu itu secara persis, kami harus menunggu dan melihat datanya dulu,” kata dia.

Senada dengan Bourla, CEO Moderna, Stéphane Bancel, sebelumnya juga memprediksi dunia bisa kembali ke kehidupan normalnya dalam setahun. “Saya pikir setahun dari sekarang,” ujarnya kepada koran Swiss, Neue Zuercher Zeitung, seperti dikutip Reuters, Kamis (23/9).

Menurut Bancel, dunia akan kembali ke kehidupan normal seiring meningkatnya produksi vaksin dan sehingga semakin banyak orang yang divaksinasi. Bahkan peningkatan vaksinasi memungkinan orang mendapatkan suntikan vaksin penguat atau booster.

“Jika kita lihat ekspansi kapasitas produksi selama enam bulan terakhir, dosis vaksin yang dibutuhkan akan tersedia pada pertengahan tahun depan. Jadi semua orang di planet ini bisa divaksinasi. Booster juga memungkinkan jika diperlukan,” kata dia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement