Jepang Cabut Status Darurat Covid-19 Pekan Ini Seiring Turunnya Kasus

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 September 2021, 09:41
jepang, covid-19,
ANTARA FOTO/REUTERS/Kyodo//RWA/sa.
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menerima dosis pertama vaksin penyakit virus corona Pfizer-BioNtech (COVID-19) di National Center for Global Health and Medicine di Tokyo, Jepang, Sela(16/3/2021).

Jepang berencana mencabut status darurat Covid-19 di seluruh wilayahnya pada Kamis (30/9) setelah diterapkan selama enam bulan. Langkah itu diambil seiring dengan menurunnya kasus baru dan jumlah kematian.

Dilansir dari Reuters, kasus harian di Jepang telah turun secara nasional dari yang bulan lalu sempat mencapai lebih dari 25.000 menjadi 1.128 pada Senin (27/9). Namun, pembukaan akan dilakukan secara bertahap dengan tetap memberlakukan beberapa pembatasan pada restoran dan acara berskala besar selama satu bulan pertama.

Pemerintah Jepang akan membuat sistem sertifikasi, di mana hanya restoran yang disetujui yang dapat tetap buka sampai jam 9 malam dan larangan menyajikan alkohol akan dicabut di seluruh wilayah kecuali jika gubernur setempat menyampaikan keberatan.

“Berkat kemajuan dalam program vaksinasi dan pemberian obat antibodi, kami akhirnya memasuki fase di mana layanan kesehatan dapat kembali stabil, meskipun muncul gelombang penularan baru,” kata Perdana Menteri Yoshihide Suga dikutip dari Reuters, Rabu (29/9).

Jepang telah berhasil menghindari ledakan kasus seperti yang terjadi di Amerika Serikat (AS) dan India. Meski demikian, jumlah kasus di Jepang merupakan salah satu yang terburuk di Asia Timur dengan total 1,7 juta orang terinfeksi dan lebih dari 17.500 kematian.

Varian Delta memicu gelombang infeksi kelima di Jepang yang mendorong lonjakan kasus ke level tertingginya pada Agustus. Hal ini juga memberikan begitu banyak tekanan pada rumah sakit sehingga beberapa pasien akhirnya meninggal di rumah tanpa menerima perawatan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...