Kematian Covid-19 Global Tembus 5 Juta Seiring Merebaknya Varian Delta

Happy Fajrian
2 Oktober 2021, 13:01
kematian akibat covid-19, covid-19,
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah nisan makam korban Covid-19 diberi tanda dengan bingkai foto korban di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Jumat, (16/7/2021).

Kematian akibat Covid-19 di seluruh dunia pada Jumat (1/10) telah melampaui angka 5 juta orang seiring merebaknya varian Delta yang sangat menular dan mematikan. Masih belum meratanya vaksinasi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terus bertambahnya korban.

Lebih dari separuh dari kematian Covid-19 di seluruh dunia yang dilaporkan dalam sepekan terakhir berada di Amerika Serikat (AS), Rusia, Brasil, Meksiko, dan India. Sebelumnya dibutuhkan waktu lebih dari setahun untuk jumlah kematian Covid-19 menyentuh angka 2,5 juta. Namun 2,5 juta kematian berikutnya dicapai dalam waktu kurang dari delapan bulan.

Rata-rata 8.000 kematian dilaporkan setiap hari di seluruh dunia selama sepekan terakhir, atau sekitar 5 kematian per menit. Namun tingkat kematian global telah melambat dalam beberapa pekan terakhir.

Hal ini seiring adanya peningkatan pengiriman vaksin dan vaksinasi di negara-negara miskin, di mana banyak orang belum menerima dosis pertama. Sementara di negara yang lebih kaya sudah mulai menyuntikkan dosis ketiga atau booster vaksin Covid-19.

Menurut Our World in Data, lebih dari separuh penduduk dunia belum menerima setidaknya satu dosis vaksin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan program distribusi COVAX untuk pertama kalinya akan mendistribusikan vaksin ke negara-negara yang cakupan vaksinasinya rendah.

Sejak Januari, Covax telah mendistribusikan sebagian besar vaksin ke lebih 140 negara secara proporsional berdasarkan ukuran populasi. “Untuk pasokan Oktober, kami merancang metodologi berbeda, hanya mencakup negara dengan pasokan vaksin terendah,” kata Asisten Direktur Jenderal WHO untuk akses vaksin, Mariangela Simao, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/10).

Berdasarkan negara, Amerika menjadi negara dengan tingkat kematian tertinggi di dunia, yakni lebih dari 700.000 jiwa pada Jumat. Menurut Worldometers, kematian Covid-19 di negeri Paman Sam mencapai 718.984. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...