Progres Sudah 42%, Pembangunan Bandara Metawai Rampung Agustus 2022

Happy Fajrian
20 November 2021, 15:54
kementerian perhubungan, bandara, budi karya sumadi, infrastruktur
Kementerian Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Meninjau progres pembangunan Bandara Mentawai Baru, Sabtu (20/11).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Mentawai Baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera barat, selesai pada Agustus 2022. Hal tersebut ia sampaikan saat meninjau langsung lokasi proyek, Sabtu (20/11).

Bandara Mentawai Baru akan menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Rokot Sipora, yang saat ini hanya memiliki panjang landas pacu atau runway 850 meter. Sehingga, hanya dapat didarati pesawat jenis propeler Grand Caravan. Landasan pacu baru dibangun agar dapat didarati pesawat lebih besar.

“Kemenhub telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 547 miliar guna membangun Bandara Mentawai Baru, yang saat ini progres pembangunannya sudah mencapai sekitar 42%,” kata Budi dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan bahwa dengan kekompakan antara pemerintah daerah, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya, Insha Allah dapat mendukung penyelesaian bandara yang direncanakan selesai pada Agustus 2022. Nantinya bandara ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Menhub mengatakan, telah meminta Ditjen Perhubungan Udara dan kontraktor pelaksana pekerjaan untuk mempercepat proses pembangunan dengan menambah SDM, peralatan, dan optimalisasi waktu kerja.

Bandara Mentawai Baru nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti: Runway yang lebih panjang yaitu 1500 x 30 meter dari sebelumnya hanya 850 meter. Dilengkapi apron berukuran 175 x 75 meter; Taxiway 75 x 15 meter yang mampu menampung 3 pesawat sejenis ATR 72 500/600; dan terminal penumpang berukuran 1600 m2 yang mampu menampung penumpang sebanyak 53.881 pax/tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...