Medco Energi Akuisisi Aset Migas ConocoPhillips di Indonesia

Image title
9 Desember 2021, 08:09
medco energi, medco, conocophillip, migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi mengakusisi seluruh aset migas milik ConocoPhillip di Indonesia.

PT Medco Energi Internasional mengumumkan telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi seluruh saham yang diterbitkan ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) dari Phillips International Investment Inc. Phillips International merupakan anak usaha dari ConocoPhillips (COP).

CIHL sendiri memegang 100% saham di ConocoPhillips (Grissik) Ltd. (CPGL) dan 35% saham di Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. (Transasia). CPGL merupakan Operator dari Blok Corridor dengan kepemilikan 54% working interest.

Advertisement

Blok Corridor memiliki dua lapangan produksi minyak dan tujuh lapangan produksi gas berlokasi di onshore Sumatera Selatan, Indonesia. Mayoritas produksi adalah gas yang dijual melalui kontrak jangka panjang kepada para mitra yang handal di Indonesia dan Singapura.

Melalui Transasia, MedcoEnergi akan memiliki saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatera Tengah, Batam, dan Singapura. Setelah Transaksi, proforma pedoman MedcoEnergi tahun 2022 untuk segmen minyak & gas adalah produksi 155 mboepd, belanja modal US$ 275 juta dan biaya kas per unit di bawah US$ 10/boe.

CEO Medco Energi, Roberto Lorato mengatakan bahwa, transaksi ini melanjutkan rekam jejak perusahaan dalam memberikan nilai tambah, khususnya melalui akuisisi dan sesuai dengan strategi perubahan iklim.

Menurut dia akuisisi ini akan semakin memperkuat posisi Medco di Asia Tenggara dan akan menghasilkan sinergi yang kuat dengan wilayah kerja perusahaan di Sumatera. "Kami siap menyambut seluruh pekerja berkualitas dari Corridor PSC untuk bergabung ke dalam grup MedcoEnergi,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (9/12).

Adapun, transaksi ini diharapkan dapat selesai pada kuartal I 2022, dengan mengikuti persyaratan yang berlaku umum serta persetujuan para pemegang saham di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan sesuai jadwal.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement