Sanksi Rusia Diperberat, Harga Minyak Sentuh US$ 110 per Barel

Happy Fajrian
2 Maret 2022, 10:26
arga minyak, rusia, ukraina, perang rusia ukraina, sanksi rusia
Pertamina Hulu Energi
Pengeboran migas lepas pantai.

Harga minyak dunia terus melonjak seiring sanksi global terhadap Rusia atas invasi ke Ukraina diperberat. Analis menilai dunia mulai melihat dampak sanksi tersebut terhadap ekspor minyak Rusia yang menyebabkan reli kenaikan harga.

Pada perdagangan intraday hari ini, Rabu (2/3), harga minyak jenis Brent telah menyentuh US$ 110,39 per barel, naik 5,42% dibandingkan penutupan sebelumnya, sedangkan West Texas Intermediate menyentuh US$ 108,58 naik 5,17%.

“Kami mulai melihat apa dampak sanksi terhadap ekspor minyak Rusia dan tantangan yang mereka timbulkan. Itu mendorong harga lebih tinggi,” kata analis pasar senior di OANDA, Craig Erlam, seperti dikutip dari Reuters.

Kenaikan harga minyak tak terbendung meskipun ada kesepakatan global untuk melepaskan 60 juta barel cadangan minyak mentah untuk mencoba menjinakkan lonjakan harga. “Kami melihat reaksi yang kurang baik ketika ini terjadi pada Nobember dan itu sebelum Rusia menginvasi Ukraina,” kata Erlam.

Amerika Serikat siap untuk melarang penerbangan Rusia menggunakan wilayah udara Amerika, mengikuti langkah serupa oleh Uni Eropa dan Kanada. Sementara itu Inggris akan melarang kapal-kapal Rusia atau menuju ke Rusia bersandar pada pelabuhannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...