PGN akan Bangun Jaringan Gas 240.000 SR di Jabodetabek hingga Cirebon

Happy Fajrian
17 Maret 2022, 15:48
pgn, jaringan gas,
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Pedagang melakukan pengemasan makanan yang dimasak menggunakan bahan bakar gas bumi Perusahaan Gas Negara (PGN) di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/12/2020).

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk siap membangun jaringan gas (jargas) bagi 240 ribu sambungan rumah tangga (SR) di wilayah Jabodetabek, Karawang, Cilegon, dan Cirebon. Saat ini, PGN aktif melakukan audiensi dengan beberapa kepala daerah tingkat II di wilayah tersebut.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan khusus di wilayah DKI Jakarta, PGN tahun ini berencana membangun jargas sekitar 92.000 SR melalui skema investasi internal, dan 62.000 SR melalui skema kerja sama dengan mitra. Sehingga total jargas yang terbangun di Jakarta tahun ini akan mencapai 154.000 SR.

Advertisement

"Pelanggan eksisting di DKI Jakarta ada 30.491 SR. Penambahan jumlah jargas rumah tangga di Jakarta semakin masif tiap tahunnya. Tahun 2021 dilakukan penambahan 100% dan akan penambahan dengan jumlah yang lebih besar di 2022," ujar Faris dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3).

Dalam lima tahun ke depan, lanjutnya, DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang akan menjadi target utama pengembangan jargas rumah tangga. Simak databoks berikut:

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan jargas rumah tangga di DKI Jakarta tersebut, PGN menggunakan tiga strategi.

Pertama, penetrasi untuk menambah pelanggan baru di sekitar infrastruktur eksisting. Kedua, pengembangan dengan menambah pelanggan baru melalui penambahan pipa induk dari infrastruktur eksisting. Ketiga, beyond pipeline, menambah pelanggan baru yang berada cukup jauh dari infrastruktur eksisting menggunakan CNG/LNG.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement