Sukses Ekspansi Global, Laba Pertamina Shipping Melonjak 52% pada 2021

Muhamad Fajar Riyandanu
7 April 2022, 11:53
pertamina, pertamina shipping, laba 2021
Pertamina
Kapal tanker MT Gamsunoro milik Pertamina International Shipping.

PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine Logistics mencatat laba US$ 127,51 juta untuk periode 2021, naik sebesar 52,33% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 83,71 juta.

Pjs Corporate Secretary PIS Robert MV Dumatubun mengatakan peningkatan kinerja ini lantara Pertamina Shipping sukses melakukan ekspansi global. Tercatat sebanyak 26 dari 95 kapal milik perusahaan telah melayani kargo pelayaran internasional non Pertamina sejak tahun 2021.

"Ekspansi kargo ini merupakan wujud komitmen PIS menjadi perusahaan pelayaran terkemuka di Asia dengan menggapai semua kemungkinan potensi bisnis baru yang bisa diraih dengan tetap mengedepankan keandalan operasional kapal," ujar Robert melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis (7/4).

Sepanjang 2021 kapal-kapal milik perusahaan semakin diminati pemain energi dunia seperti Shell, Geogas, Petco (anak usaha Petronas), Karpowership, Trafigura, hingga Aramco Trading. Kapal-kapal Pertamina Shipping antara lain mengangkut muatan berupa minyak mentah atau crude oil, white oil, dan gas.

Dengan klien internasional yang terus bertambahm Pertamina Shipping berhasil meraih pendapatan sebesar US$ 1,73 miliar sepanjang 2021. Jumlah ini melonjak lebih dari dua kali lipat dari pendapatan tahun sebelumnya yang hanya US$ 837,06 juta, serta di atas target 2021 sebesar US$ 1,70 miliar.

"Kami berharap kinerja PIS dapat terus meningkat dan bersinergi agar seluruh fungsi mampu berkembang bersama secara berkelanjutan," kata Robert.

Pertamina Shipping memang tengah gencar menjajaki pasar luar negeri. Lewat upaya tersebut, perusahaan menargetkan pendapatan bisa tumbuh hingga Rp 57 triliun beberapa tahun ke depan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...