Pertamina Sewakan Kapal Tanker Kepada Aramco Trading Company

Image title
24 Desember 2021, 16:09
pertamina, aramco, mt gamsunoro, kapal tanker
Pertamina
Kapal tanker milik Pertamina Shipping International, MT Gamsunoro.

Pertamina International Shipping (PIS) menyewakan kapal tanker MT Gamsunoro kepada Aramco Trading Company (ATC) dengan kontrak selama satu tahun. Kontrak sewa kapal dilakukan melalui anak usaha PIS di Singapura yakni Pertamina International Shipping Pte Ltd (PIS Pte Ltd).

Aramco sendiri merupakan produsen energi terbesar di dunia saat ini. Sehingga, perusahaan migas pelat merah ini menilai kontrak tersebut menjadi prestasi bagi PIS yang semakin membuktikan perkembangan bisnis yang eksponensial di tataran global.

Kapal MT Gamsunoro akan berlayar dengan rute charter Teluk Persia - Laut Merah (Persian Gulf-Red Sea) - Asia. Adapun titik loading perdana dimulai dari Al Jubail Terminal pada 13-15 Desember 2021 dengan titik discharge di Ash Shuqaiq Terminal dan durasi pengapalan sekitar 90 hari.

"Rute pelayaran ini melewati area Laut Merah yang merupakan rute baru bagi PIS," Kata Pertamina Berdasarkan keterangan tertulis, Jumat (24/12).

Kapal MT Gamsunoro berbendera Indonesia ini dikelola sendiri oleh PIS dan sepenuhnya diwakili oleh 100% kru dari Indonesia. Sebelumnya kapal MT Gamsunoro juga mendapatkan kepercayaan untuk melayani Top Five Biggest Oil Trading Company yaitu Trafigura.

Pertamina menilai kolaborasi penyewaan kapal antara PIS melalui PIS Pte Ltd dengan Aramco Trading Company merupakan tonggak sejarah baru dan milestone penting. Khususnya di dalam upaya PIS dalam mengembangkan market internasional dan menjadi Asia Leading Shipping Company.

MT Gamsunoro merupakan kapal berjenis dirty petroleum product (DPP) Aframax Tanker dengan bobot mati 105.638 metrik ton yang dibuat pada 2014. Kapal ini merupakan salah satu kapal yang dikomersialisasikan untuk melakukan penetrasi ke pasar-pasar internasional.

Sebelum menjalin bisnis dengan Trafigura dan Aramco, kapal ini telah menjalin bisnis dengan penyewa internasional lain dalam bentuk sewa kapal time charter selama 4 bulan untuk area teluk Arabia hingga Jepang.

Reporter: Verda Nano Setiawan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait