Layani Pemudik, Pertamina Sebar Ribuan Titik Pengisian BBM

Muhamad Fajar Riyandanu
28 April 2022, 14:13
bbm, pertamina, mudik,
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022).

Menghadapi puncak mudik lebaran dan arus balik, Pertamina telah melakukan sejumlah persiapan untuk mengamankan pasokan BBM. Salah satunya membentuk Tim Satgas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) untuk melayani kebutuhan energi masyarakat melalui berbagai layanan Pertamina Siaga.

Satgas ini akan beroperasi mulai 11 April hingga 10 Mei 2022. Adapun layanan Pertamina Siaga menyiapkan 1.370 SPBU, dan 339 unit Motoris Pertamina Delivery Service untuk mengantarkan bahan bakar bagi yang membutuhkan disaat keadaan darurat.

Advertisement

Selain itu, juga ada 154 titik SPBU Kantong untuk mengurai kepadatan di SPBU, serta 85 titik Kios Pertamina Siaga atau Pertashop Siaga yang menyediakan BBM Pertamax Series dan Dex Series di 47 titik lokasi strategis.

Tidak hanya BBM, Pertamina juga menyiapkan lebih dari 48 ribu agen dan outlet LPG Siaga, beroperasi 24 jam bahkan di hari libur untuk memastikan hidangan khas lebaran dapat tersaji di hari yang Fitri.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Alfian Nasution mengatakan bahwa Pertamina Siaga memberikan pelayanan untuk mendukung kelancaran perayaan Idul Fitri tahun 2022.

“Masyarakat kami imbau tidak perlu khawatir. Kami memastikan ketersediaan energi dalam kondisi aman dan seluruh layanan berjalan dengan maksimal selama masa arus mudik, Hari Raya Idul Fitri, dan arus balik nanti,” kata Alfian dalam keterangan tertulis Kamis (28/4).

Sejak Satgas RAFI ini dimulai, Pertamina terus menjaga stok seluruh produknya, untuk produk BBM rata-rata seluruhnya berada diatas 18 hari, LPG diatas 13 hari, dan Avtur 37 hari.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement