Pertamina Shipping dan Nusantara Regas Kerja Sama Angkutan LNG

Happy Fajrian
24 Juni 2022, 16:51
pertamina international shipping, nusantara regas, lng
Katadata
PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Nusantara Regas menjalin kerja sama angkutan gas alam cair atau LNG.

PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Nusantara Regas menjalin kerja sama untuk pengangkutan gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) dari terminal LNG Bontang menuju Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat.

Kerja sama pengangkutan LNG ini merupakan wujud komitmen PIS untuk terus melakukan ekspansi kompetensi bisnis, yang salah satunya adalah melalui angkutan green cargo.

Pengangkutan LNG perdana PIS dan NR ini dihadiri antara lain oleh Direktur Niaga PIS Arief Sukmara, VP Sales & Marketing PIS Muhamad Resa, Direktur Utama NR Harry Budhi Sidharta, dan VP Gas & New Renewable Energy Development PTy Pertamina (Persero) Bambang Suprihanto.

“Pengangkutan ini menambah portofolio bisnis kargo PIS, sekaligus bukti sinergi di Pertamina Group yang terus mewujudkan komitmennya dalam mendukung program transisi energi nasional,” ujar Direktur Niaga PIS Arief Sukmara melalui keterangan tertulis, Jumat (24/6).

Bisnis pengangkutan LNG ini dijalankan oleh PIS dan NR dengan skema spot charter, berlayar dari Bontang untuk menghantarkan LNG +138.000 meter kubik menuju FSRU Jawa Barat pada tanggal 24 Juni 2022.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Utama NR Harry Budhi Sidharta menyatakan kerja sama antara NR dan PIS ini bisa menjadi langkah awal PIS untuk memberikan layanan jangka panjang dan berinvestasi dalam bisnis pengangkutan LNG ke depan.

“Kerja sama ini dijalankan berdasarkan kesepakatan komersial yang memberikan benefit bagi Pertamina Group, mengembangkan investasi, dan memberikan nilai tambah bagi masing-masing perusahaan,” ujar Harry.

VP Gas & NRE PT Pertamina (Persero) Bambang Suprihanto mengapresiasi kerja sama PIS dan NR yang semakin menguatkan sinergi di dalam Pertamina Group.

“Sinergi ini tidak hanya memberi manfaat positif bagi kedua perusahaan maupun Pertamina Group, tapi juga menunjukkan komitmen kuat Pertamina untuk ketahanan energi nasional dan pelayanan distribusi energi ke masyarakat yang selalu bisa diandalkan,” ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...