PGN Gandeng Perusahaan Asal Singapura Gunvor Garap bisnis LNG Global

Happy Fajrian
1 Juli 2022, 10:35
pgn, pertamina, lng,
Katadata
PGN gandeng perusahaan perdagangan asal Singapura, Gunvor, untuk menggarap bisnis LNG global.

Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjalin kerja sama dengan Gunvor Singapore Pte Ltd guna merealisasikan potensi perdagangan gas bumi dan gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) di pasar global.

“Kerja sama ini menjadi bagian dari strategi Pertamina untuk memonetisasi portofolio LNG dan perusahaan kami memiliki potensi yang cukup besar untuk kolaborasi bisnis lainnya. Kami sangat menantikan untuk membuka peluang bisnis tersebut,“ ujar CEO PGN, M. Haryo Yunianto dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (1/7).

PGN dan Gunvor telah memasuki proses Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) dan Confirmation Notice (CN) untuk pasokan LNG. Pasokan LNG dari PGN ini akan melengkapi portofolio LNG milik Gunvor selaku perusahaan trading independen terbesar.

Lebih lanjut, menurut Haryo, Pertamina sebagai Holding Migas akan mendukung suplai LNG dari portofolio Pertamina untuk bisnis PGN ke pasar internasional.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan sinergi dengan Gunvor membuka kesempatan dan mengembangkan pasar LNG, serta menambah pasar yang sudah terlebih dahulu dijangkau Pertamina.

“Bermitra dengan Gunvor memungkinkan kami untuk masuk ke pasar baru, di mana sebelumnya akses kami cukup terbatas. Kolaborasi ini unik dan memiliki potensi menjadi suatu solusi dalam penyediaan energi di regional maupun negara-negara lainnya,” ujar Heru.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...