PGN Garap Proyek Gas 2,5 BBTUD untuk Sektor Rumah Tangga dan Industri

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Juni 2022, 15:08
pgn, proyek gas pgn,
Pertamina
Pipa gas PGN.

Perusahaan Gas Negara (PGN) berupaya mengoptimalkan penggunaan gas bumi untuk domestik dengan mengembangkan infrastruktur pipa dan pipa luar atau beyond pipeline, pada sektor industri, rumah tangga, UMKM, pembangkit listrik, dan transportasi.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Achmad Muchtasyar, mengatakan portofolio bisnis PGN akan terus ditingkatkan pada bisnis perdagangan dan retail gas alam cair (LNG).

Dua proyek yang akan dikembangkan yaitu Jambaran Tiung Biru Bojonegoro melalui mini LNG Plant berkapasitas 2,5 billion British thermal unit per day (BBTUD) dan LNG Bunkering Bontang.

“Ini menjadi titik untuk bisnis yang sangat menantang ke depan, supaya PGN bisa lebih kuat dan lebih sustain. Pertumbuhan terbesar berasal dari segmen rumah tangga dengan rencana penambahan 1 juta rumah tangga per tahun,” kata Achmad dalam siaran pers, Jumat (24/6).

Ia melanjutkan, sinergi untuk penyediaan gas bagi Kilang dan Smelter harus terus diperkuat agar segmen kelistrikan industri dan retail tetap menjadi tulang punggung permintaan terbesar PGN. Achmad berharap ke depan ada terobosan dalam penyediaan moda non pipa retail serta LNG trading.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...