Kemiskinan Ekstrem di Indonesia Ditargetkan Nol Persen pada 2024

Happy Fajrian
17 Agustus 2022, 09:41
kemiskinan, bappenas
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/YU
Sejumlah anak bermain di depan rumahnya di kawasan Kebun Melati, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Bappenas menargetkan dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia pada 2024. Menteri PPN / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berharap saat itu kemiskinan ekstrem bisa diturunkan menjadi nol persen.

“Alhamdulillah sekarang level kemiskinan ekstrem di Indonesia sudah dua persen,” ujarnya dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, dikutip Rabu (17/8). Dengan demikian ia mengatakan tingkat kemiskinan secara keseluruhan pada 2023 dapat ditekan hingga level 7,5%.

Adapun angka kemiskinan merupakan salah satu sasaran pembangunan Pemerintah Indonesia yang kian digencarkan. Pada Maret 2022 angka kemiskinan tercatat kian menurun setelah sempat meningkat selama pandemi Covid-19 menjadi di level 9,54%.

Suharso menilai sasaran pembangunan juga menjadi fondasi bagi capaian transformasi ekonomi Indonesia. Untuk mencapai itu, kata dia, diperlukan beberapa strategi pembangunan yang telah disusun pemerintah.

Strategi pembangunan yang dimaksud adalah percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan kesehatan, serta penanggulangan pengangguran disertai dengan peningkatan pekerjaan yang layak atau decent job.

Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1) Penduduk Indonesia Menurut Provinsi Maret 2022

Strategi selanjutnya yakni mendorong pemulihan dunia usaha, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan, pembangunan rendah karbon dan transformasi energi sebagai respons terhadap perubahan iklim, percepatan pembangunan infrastruktur dasar terutama air bersih dan sanitasi, serta pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...