Kemenhub Siapkan Bandara Kertajati Layani Umrah Mulai November 2022

Happy Fajrian
19 Agustus 2022, 09:24
bandara kertajati, umrah, kementerian perhubungan, kemenhub
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Pengunjung berfoto di kawasan bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pemangku kepentingan tengah menyiapkan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umrah pada November 2022.

Dengan melayani penerbangan umrah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, pesawat umrah yang berangkat dari Bandara Kertajati bisa melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Arab Saudi.

“Koordinasi intensif dengan Kemenag dan Pemda terus dilakukan agar persiapannya bisa dilakukan dengan matang,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat (19/8).

Menhub menyampaikan, dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umrah dari Bandara Kertajati oleh Kementerian Agama, diproyeksikan potensi jemaah umrah mencapai 40.000 orang pada periode Januari-Mei 2023.

Penerbangan umrah juga ini diharapkan juga menjadi penerbangan feeder dari daerah lain, seperti Kalimantan - Kertajati - Jeddah, yang dinilai akan membuat Kertajati lebih ramai. Simak databoks berikut:

Kemudian, aksesibilitas transportasi darat dari dan menuju bandara ini juga akan terus ditingkatkan melalui penyediaan angkutan jalan. Oleh karena itu, Menhub meminta dukungan Pemda untuk menggencarkan promosi pariwisata untuk menarik minat wisatawan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...