Garuda Indonesia Layani Penerbangan Umrah Rute Makassar - Madinah

Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan umrah bagi jemaah di Sulawesi Selatan. Calon penumpang dari wilayah ini tidak perlu lagi transit di Jakarta.
Image title
4 Mei 2022, 11:48
Garuda Indonesia, garuda, pesawat, umrah, maskapai penerbangan, bumn
Garuda.Indonesia/instagram
Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mulai melayani penerbangan umrah bagi jemaah asal Indonesia yang berada di Sulawesi Selatan. Ini seiring mulai beroperasi kembali Bandara Internasional Sultan Hasanuddin untuk layanan penerbangan luar negeri  maupun umrah.

Perusahaan dapat mengangkut 259 calon jemaah umrah melalui penerbangan langsung tanpa transit rute Makassar - Madinah. Garuda Indonesia bakal melayani tiga kali penerbangan selama Mei.

Layanan penerbangan umrah tersebut menggunakan armada Airbus A330-900 Neo. Pesawat ini memiliki kapasitas 22 penumpang kelas bisnis dan 277 kelas ekonomi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra berharap, layanan penerbangan umrah dengan rute Makassar - Madinah ini dapat memberikan pilihan yang lebih beragam bagi calon jemaah. Mereka juga tidak harus transit di Jakarta terlebih dahulu.

Advertisement

"Ke depan, kami akan maksimalkan pengembangan jaringan penerbangan langsung untuk layanan umrah dari berbagai wilayah keberangkatan lainnya. Maka, aksesibilitas layanan penerbangan umrah bakal semakin mudah melalui penerbangan tanpa transit," kata Irfan dalam keterangan pers, dikutip Rabu (4/5).

Irfan menambahkan, pengoperasian kembali layanan penerbangan langsung merupakan komitmen maskapai pelat merah itu untuk berpartisipasi dalam menjembatani kebutuhan masyarakat melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

Selain itu, layanan anyar tersebut turut menjadi momentum penting atas langkah berkelanjutan perseroan dalam mengoptimalkan pasar penerbangan umrah. Caranya, memperluas jaringan penerbangan umrah di berbagai kota besar di Indonesia.

Irfan menyampaikan, pihaknya akan terus memantau perkembangan dan menjalin koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan. Ini untuk memastikan kelancaran perjalanan umrah bagi seluruh calon jemaah.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pembukaan rute penerbangan langsung akan membuka peluang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi. Layanan ini juga untuk mengakomodasi permintaan pasar di Indonesia Timur seperti Palu, Kendari, Ambon hingga Papua.

"Kami berharap ini juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat, dalam upaya pemulihan ekonomi dengan hadirnya layanan direct cargo," kata Andi.

Dengan dioperasikannya penerbangan umrah langsung dari Makassar, Garuda Indonesia mengoperasikan total sembilan penerbangan ke Tanah Suci. Layanan ini melalui tiga kota besar yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Sedangkan jumlah jemaah umrah Indonesia per 2020 sebagai berikut:

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait