Ratu Elizabeth II akan Dimakamkan 19 September, Berikut Prosesinya

Happy Fajrian
11 September 2022, 08:55
ratu elizabeth, inggris, pemakaman
Royal UK
Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Inggris pada Senin 19 September 2022 melalui prosesi pemakaman resmi kenegaraan untuk anggota kerajaan.

Ratu Elizabeth II dijadwalkan akan dimakamkan pada Senin 19 September 2022. Sebelum itu, peti matinya akan menempuh perjalanan sejauh 281 kilometer dari kediaman pribadinya di Kastil Balmoral, Aberdeenshire, ke Palace of Holyroadhouse di Edinburgh, Skotlandia, hari ini, Minggu (11/9), pukul 10.00 waktu setempat.

Perjalanan dari Kastil Balmoral, kediaman pribadi keluarga kerajaan, menuju Palace of Holyroadhouse yang merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan di Skotlandia akan membutuhkan waktu selama 6 jam.

Peti mati ratu lalu akan disemayamkan di ruang singgasana Palace of Holyroadhouse hingga Senin (12/9) sore, kemudian Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan menemani peti mati dalam prosesi kebaktian di Katedral St Giles, di mana ratu akan beristirahat selama 24 jam hingga Selasa (13/9).

Setelah itu pada Selasa pukul 14.00 waktu setempat, peti mati akan diterbangkan ke London, Inggris, untuk persiapan pemakaman kenegaraan. “Putri Anne akan menemani jenazah ratu,” kata pernyataan Istana Buckingham, Minggu (11/9).

Jenazah ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari penuh sebelum pemakamannya pada Senin 19 September, memungkinkan anggota masyarakat untuk memberikan penghormatan di aula besar.

Aula besar adalah bagian tertua dari Istana Westminster, di jantung pemerintahan Inggris. Anggota terakhir keluarga kerajaan yang terbaring di aula ini adalah Ibu Suri (ibu dari Elizabeth) pada 2002 lalu, ketika lebih dari 200.000 orang mengantri untuk melihat peti matinya.

Peti mati Ratu akan diletakkan di atas platform yang ditinggikan, yang dikenal sebagai catafalque, di bawah atap kayu abad pertengahan aula abad ke-11. Setiap sudut peron akan dijaga oleh tentara dari unit yang melayani Rumah Tangga Kerajaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...