ENI Ambil Alih Proyek Migas Laut Dalam IDD dari Chevron

Muhamad Fajar Riyandanu
21 September 2022, 16:10
proyek migas, indonesia deepwater development, eni, chevron
www.skkmigas.go.id
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

Proyek migas Indonesia Deepwater Development atau IDD fase II dikabarkan akan dikelola oleh ENI. Perusahan migas asal Italia tersebut resmi mengambil hak partisipasi atau participating interest (PI) dari PT Chevron Pacific Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengaku pihaknya sudah menetapkan kontrak kerja sama (KKKS) yang bakal menggantikan posisi Chevron di proyek laut dalam yang berlokasi di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur itu. Namun sayangnya, Arifin tak memberi keterangan lebih rinci.

"Sudah fixed, lagi final. Jadi gak usah di-mention," kata Arifin saat ditemui di sela acara IPA Convention 2022 yang mengangkat tema “Addressing the Dual Challenge: Meeting Indonesia’s Energy Needs While Mitigating Risks of Climate Change”, di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (21/9).

Lebih lanjut, kata Arifin, KKKS yang akan menggantikan Chevron sudah berada di lokasi wilayah kerja IDD saat ini, lengkap dengan fasilitas yang siap pakai. Arifin pun meminta masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi yang akan diumumkan pada akhir tahun ini.

"Dia sudah ada di sana, fasilitasnya juga sudah bisa dipakai supaya investasinya bisa lebih efisien," ujar Arifin.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto berharap pengumuman operator IDD bisa diselesaikan pada tahun ini. Adapun posisi Eni dalam upaya ambil alih blok migas ini cukup strategis karena telah memiliki fasilitas produksi tak jauh dari IDD, yaitu Blok Muara Bakau dan Lapangan Merakes, Blok East Sepinggan, Kalimantan Timur.

Keputusan ENI nantinya akan sangat menentukan target operasional (onstream) proyek migas itu. Patokan pemerintah, IDD Tahap II akan mulai berproduksi pada 2025.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...