Petronas Sewa Kapal Gas Pertamina Untuk Ekspor LPG ke Cina

Happy Fajrian
22 September 2022, 15:29
pertamina, lpg, petronas, ekspor
Pertamina
Petronas menyewa kapal milik Pertamina International Shipping untuk mengangkut 33.000 metrik ton LPG yang akan diekspor ke Cina.

PT Pertamina International Shipping (PIS) semakin menunjukkan keandalannya sebagai perusahaan perkapalan yang kompetitif di Asia. PIS kembali mendapat kepercayaan dari anak usaha Petronas yang fokus bisnisnya adalah untuk niaga komoditi minyak mentah, produk kilang, dan gas yakni Petco Trading Labuan Company Ltd. (Petco).

Kerja sama pengangkutan dengan Petco kali ini adalah untuk komoditas liquefied petroleum gas (LPG), berbeda dari sebelumnya yang merupakan pengangkutan Marine Fuel Oil (MFO) dan Crude Oil.

Kapal Pertamina mengangkut 33,000 metrik ton (MT) LPG dari Pelabuhan Petronas di Tanjung Sulong Export Terminal, Malaysia menuju customer Petco di Longkou, Cina, dengan jadwal pemuatan kargo pada 3-5 September 2022.

Kapal Pertamina Gas 1 (PG1) merupakan kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) milik PIS yang dioperasikan untuk rute international, di antaranya adalah lifting kargo untuk Teluk Arab menuju Indonesia maupun kargo di luar negeri untuk meningkatkan kerja sama internasional.

Terpilihnya Kapal PG1 oleh Petco ini membuktikan bahwa kapal-kapal milik PIS memenuhi standar keselamatan dan spesifikasi internasional untuk dipercaya oleh pemain migas kelas dunia. Kapal PG1 ini yang disewa oleh Petco digunakan untuk mengangkut LPG dari Tanjung Sulong, Malaysia, ke pelabuhan di Cina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...