Petronas Sewa Kapal Gas Pertamina Untuk Ekspor LPG ke Cina

Kapal very large gas carrier (VLGC) Pertamina Gas 1 (PG1) membawa 33.000 metrik ton LPG dari Pelabuhan Petronas di Tanjung Sulong Export Terminal, Malaysia, menuju Longkou, Cina.
Happy Fajrian
22 September 2022, 15:29
pertamina, lpg, petronas, ekspor
Pertamina
Petronas menyewa kapal milik Pertamina International Shipping untuk mengangkut 33.000 metrik ton LPG yang akan diekspor ke Cina.

PT Pertamina International Shipping (PIS) semakin menunjukkan keandalannya sebagai perusahaan perkapalan yang kompetitif di Asia. PIS kembali mendapat kepercayaan dari anak usaha Petronas yang fokus bisnisnya adalah untuk niaga komoditi minyak mentah, produk kilang, dan gas yakni Petco Trading Labuan Company Ltd. (Petco).

Kerja sama pengangkutan dengan Petco kali ini adalah untuk komoditas liquefied petroleum gas (LPG), berbeda dari sebelumnya yang merupakan pengangkutan Marine Fuel Oil (MFO) dan Crude Oil.

Kapal Pertamina mengangkut 33,000 metrik ton (MT) LPG dari Pelabuhan Petronas di Tanjung Sulong Export Terminal, Malaysia menuju customer Petco di Longkou, Cina, dengan jadwal pemuatan kargo pada 3-5 September 2022.

Kapal Pertamina Gas 1 (PG1) merupakan kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) milik PIS yang dioperasikan untuk rute international, di antaranya adalah lifting kargo untuk Teluk Arab menuju Indonesia maupun kargo di luar negeri untuk meningkatkan kerja sama internasional.

Advertisement

Terpilihnya Kapal PG1 oleh Petco ini membuktikan bahwa kapal-kapal milik PIS memenuhi standar keselamatan dan spesifikasi internasional untuk dipercaya oleh pemain migas kelas dunia. Kapal PG1 ini yang disewa oleh Petco digunakan untuk mengangkut LPG dari Tanjung Sulong, Malaysia, ke pelabuhan di Cina.

Kapal PG1 telah memenuhi standar Ship Inspection Report Programme (SIRE). Selain SIRE, PG 1 juga telah lulus inspeksi MMS yang merupakan standard inspeksi dari Petronas.

SIRE merupakan inspeksi yang dilakukan untuk meninjau sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus yang dibuktikan dengan terbitnya dokumen SIRE Report atas LPGC PG1 pada website The Oil Companies International Marine Forum (OCIMF) pada 26 Juli 2022.

“Hal ini membuktikan bahwa LPG/C Pertamina Gas 1 tersertifikasi secara kualitas terhadap standar dan requirement yang berlaku di industri pelayaran internasional,” ujar Corporate Secretary PIS Muhammad Aryomekka Firdaus dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9).

PIS, lanjut Aryomekka, terus gigih ekspansi potensi bisnis-bisnis baru dengan tetap mengedepankan kenadalan operasional kapal. “PIS pastinya terus memberikan pelayanan profesional terbaik bagi customer seiring dengan upaya penetrasi pasar internasional, untuk menjadi perusahaan pelayaran terkemuka di Asia,” ujarnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait