Protes Langka Meminta Xi Jinping Mundur, Polisi Cina Buru Demonstran

Happy Fajrian
15 Oktober 2022, 20:29
cina, xi jinping, demonstrasi, nol covid
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/aww/cf
Presiden Cina Xi Jinping memberikan suaranya mengenai peraturan keamanan nasional untuk Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong pada penutupan sesi Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Balai Agung Rakyat di Beijing, Cina, Kamis (28/5/2020).

Sebuah aksi demonstrasi yang langka dan dramatis terjadi di Cina yang mengkritik kebijakan nol Covid dan menuntut Presiden Xi Jinping untuk mundur. Para pengunjuk rasa menuliskan dua tuntutan tersebut pada dua spanduk besar yang dipasang di Jembatan Sitong di distrik Haidian di Beijing.

Protes ini terjadi pada Kamis (13/10), pada malam kongres Partai Komunis, di mana Xi akan diberikan masa jabatan ketiga sebagai ketua partai, memperkuat kuasanya di Cina.

Foto dan video aksi ini beredar luas secara online, memicu perburuan identitas para pengunjuk rasa dan sensor pada platform media sosial dan aplikasi WeChat yang digunakan sebagian besar warga Cina.

Dalam foto dan video tersebut menunjukkan para pengunjuk rasa membakar ban mobil, dan terdengar meneriakkan slogan-slogan menggunakan pengeras suara. BBC melaporkan bahwa satu orang telah ditangkap terkait protes tersebut.

Banyak yang memuji aksi protes ini dan menyebut mereka sebagai pahlawan dan “manusia tank” baru, mengacu pada aksi pria Cina tak dikenal yang menghadang laju tank selama protes Tiananmen pada 1989 silam.

Detektif online telah berusaha melacak orang tersebut, dengan fokus pada seorang peneliti dan fisikawan Tiongkok yang berasal dari sebuah desa di provinsi utara Heilongjiang. Pemeriksaan BBC dengan pejabat desa mengkonfirmasi bahwa seorang pria dengan nama itu dulu tinggal di sana.

Dia telah memposting apa yang tampak seperti manifesto di situs penelitian populer ResearchGate. Ini kemudian dihapus, meskipun yang lain telah mengunggah salinannya.

Dalam dokumen setebal 23 halaman, ia menyerukan pemogokan dan tindakan pembangkangan sipil - seperti menghancurkan stasiun pengujian Covid - pada hari Minggu besok untuk menghentikan kediktatoran Xi Jinping dari melanjutkan jabatannya secara ilegal, sehingga Cina dapat memulai jalan menuju demokrasi dan kebebasan.

Beberapa orang Cina telah berkumpul di dua akun Twitter pria itu, memposting apa yang mereka klaim sebagai fotonya dan menulis ratusan pesan terima kasih.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...