Perusahaan Listrik Jepang Sumitomo Lepas Aset PLTU Tanjung Jati B

Muhamad Fajar Riyandanu
25 November 2022, 14:42
pltu, sumitomo, pembangkit listrik, plta kayan
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
PLTU Tanjung Jati B di Jepara, Jawa Tengah.

Perusahaan kelistrikan asal Jepang, Sumitomo Corporation, mengambil langkah untuk melepas aset pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tanjung Jati B Unit 1-4 yang terletak di Jepara, Jawa Tengah, lebih awal.

Langkah tersebut dilakukan bersamaan dengan pengalihan investasi di sektor energi pada proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kayan di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara sebagai salah satu pemasok kebutuhan tenaga listrik di IKN Nusantara.

Aksi korporasi tentang pelepasan dini aset PLTU Tanjung Jati B Unit 1-4 dan pengembangan PLTA Kayan ditandai dengan penandatanganan Principles Agreement bersama PLN pada saat KTT G20 di Bali November lalu.

"Sumitomo Corporation berencana untuk melakukan pelepasan dini aset PLTU Tanjung Jati B Unit 1-4 dan mengembangkan PLTA Kayan berkapasitas 9.000 MW," kata Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Haryo Limanseto melalui keterangan resmi pada Jumat (25/11).

Haryo menjelaskan, pelepasan lebih awal aset PLTU Tanjung Jati B dan pengambangan PLTA Kayan oleh Sumitomo dapat mendukung percepatan dekarbonisasi dan penyediaan tenaga listrik dengan tarif yang lebih rendah dari biaya pokok penyediaan (BPP) serta mendorong investasi energi bersih di sektor pembangkit listrik energi terbarukan.

"PLTA Kayan juga berpotensi untuk mendukung industri hijau di Kalimantan Utara dan penyuplai kebutuhan tenaga listrik di IKN Nusantara," ujar Haryo.

Selain itu juga dibahas terkait rencana pensiun dini PLTU Cirebon-1 dengan kapasitas 660 MW. MoU terkait hal ini telah ditandatangani oleh PT PLN, Bank Pembangunan Asia (ADB) dan PT Cirebon Electric Power.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...