PLTU Tanjung Jati Olah Limbah Batu Bara Jadi Campuran Bahan Bangunan

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Juli 2022, 23:01
pltu tanjung jati, faba, limbah batu bara
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
Pengolahan limbah Fly Ash and Bottom Ash (FABA) hasil pembakaran batu bara pada PLTU Tanjung Jati menjadi campuran pada industri semen, campuran paving block dan batako.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B berupaya melakukan efisiensi sambil mengimplementasikan penggunaan energi terbarukan di wilayah kerjanya. Pembangkit listrik tenaga batu bara yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, ini mulai mengolah limbah Fly Ash and Bottom Ash (FABA) hasil pembakaran batu bara menjadi campuran pada industri semen, campuran paving block dan batako.

Person in Charge (PIC) Pemanfaatan FABA, Istajib, mengatakan bahwa prosedur pengolahan FABA harus sesuai dengan Surat Perintah Produksi (SPP) dari PLN Unit Induk Tanjung Jati B. Surat Perintah Produksi itu melampirkan target produksi bulanan dari dua produk utama berupa Batako dan Paving Block.

Ajib mengatakan, PLTU Tanjung Jati B, menerima SPP dari PLN untuk memperoduksi 28 ribu keping paving block dan 9.600 keping batako pada Juni 2022.

"Jadi setiap awal bulan, PLN memberi SPP. Untuk bulan Juli SPP sudah turun,  hanya produksi paving block 57.600 keping," kata Ajib saat ditemui di lokasi pengolahan FABA pada Jumat (1/7).

 Pengolahan FABA menjadi dua komoditas bangunan itu terbilang cukup cepat dan modern. Pasalnya, hampir semua pengerjaan dikerjakan oleh mesin. Adapun para pekerja bertugas sebagai operator mesin.

Limbah FABA yang berwarna hitam dimasukkan ke sejumlah mesin pengaduk. Ajib menjelaskan, pembuatan paving block dan batako memiliki rumusan bahan yang berbeda. Komposisi paving block terdiri dari campuran 30% Fly Ash (FA), 40% Bottom Ash (BA) dan 30% semen.

Sementara rumusan untuk membuat batako terdiri dari 40% FA, 30% BA dan 30% semen. Masing-masing dari produk tersebur dicampur ke dalam dua mesin pengaduk yang berbeda sembari ditambah dengan air sebagai perekat. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...