BREAKING NEWS: Dwi Sutjipto Kembali Dilantik Sebagai Kepala SKK Migas

Happy Fajrian
5 Desember 2022, 10:43
skk migas, dwi soetjipto
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas memberikan paparan dalam acara Sarasehan Migas Nasional ke dua dengan tema "Tren Terkini, Peluang dan Terobosan Industri Migas Indonesia Akses Pendanaan Bagi Industri Hulu Migas Indonesia" di Wisma Utama, Jakarta (10/10/2019).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melantik Dwi Soetjipto kembali sebagai kepala SKK Migas setelah masa jabatannya berakhir pada 30 November 2022.

Berdasarkan sumber Katadata.co.id, Dwi Soetjipto diberhentikan setelah masa jabatannya berakhir, kemudian dilantik lagi. “Dwi Soetjipto diperpanjang ya,” kata sumber tersebut, Senin (5/12).

Adapun pelantikan Dwi untuk masa jabatan keduanya sebagai pucuk pimpinan otoritas pengatur kegiatan usaha hulu migas ini akan dilakukan hari ini di Kantor Kementerian ESDM.

Sebagai informasi, mantan Direktur Utama Pertamina itu menjabat sebagai kepala SKK Migas sejak Desember 2018, menggantikan Amien Suryanadi. Sebelum menjabat sebagai Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto pernah menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina serta Dirut PT Semen Gresik.

Pada masa jabatannya, pemerintah mencanangkan target produksi 1 juta barel per hari (bph) minyak dan 12.000 mmscfd gas pada 2030. Namun dalam perjalanannya mencapai target tersebut, banyak tantangan yang ia hadapi, salah satunya pandemi Covid-19.

Pandemi membuat aktivitas di sektor hulu migas menurun karena berbagai kebijakan pembatasan yang menyebabkan turunnya konsumsi energi di Indonesia dan dunia. Harga minyak pun turun hingga mencapai angka negatif yang artinya produsen bersedia membayar untuk mengeluarkan stok minyaknya.

Adapun hingga kuartal III 2022 produksi minyak mencapai 613 ribu barel per hari, dengan lifting mencapai 610 ribu bph. Sedangkan produksi migas mencapai 5.353 mmscfd dengan total lifting migas mencapai 1,562 juta barel setara minyak per hari (boepd) atau sekitar 89,8% dari target 2022.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait