Jaringan PLN Terganggu, Pemadaman Listrik Massal di Bintan dan Batam

Happy Fajrian
1 Januari 2023, 14:37
pln, listrik, pemadaman listrik, listrik mati, bintan, batam
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Ilustrasi jaringan listrik PLN.

Sistem kelistrikan di Batam dan Bintan, Provinsi Kepulauan Riau mengalami gangguan sejak Minggu (1/1) pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Sebagian wilayah di dua pulau itu mengalami pemadaman listrik massal.

Dalam keterangan tertulis, PLN Batam menyebutkan petugas di lapangan tengah fokus pada pemulihan sistem kelistrikan, dan melakukan analisa penyebab gangguan yang membuat sebagian wilayah Batam - Bintan mengalami pemadaman listrik.

Advertisement

“Saat ini kami sedang melakukan pemulihan secara bertahap. Dapat kami informasikan bahwa saat ini petugas teknis juga terus melakukan upaya penanganan agar sistem kelistrikan Batam berangsur pulih kembali,” kata Corporate Secretary PLN Batam, Hamidi Hamid.

Anak perusahaan PLN (Persero) itu tengah melakukan pengecekan secara menyeluruh. Menurut dia, listrik di beberapa wilayah Batam dan Bintan secara bertahap sudah kembali terhubung.

“Akibat kejadian ini, PT PLN Batam meminta maaf kepada masyarakat dan memohon dukungan serta doa dari masyarakat agar sistem kelistrikan Batam-Bintan kembali normal,” demikian keterangan PLN Batam.

Manajer UPT PLN Bintan Centre Fauzi Anwar menyampaikan dalam grup khusus di WhatsApp bahwa sejak pukul 04.00 WIB, petugas PLN melakukan monitoring terhadap gangguan pada sistem atau jaringan kelistrikan yang mengakibatkan listrik PLN di Pulau Bintan padam.

Menurut dia, tidak ada kerusakan jaringan listrik di Pulau Bintan. “Distribusi listrik dari Batam ke Pulau Bintan yang terganggu sehingga 'blackout'. Sampai sekarang masih dilakukan pembenahan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement