Jerman dan Polandia Setop Impor Minyak dari Rusia via pipa Druzhba

Happy Fajrian
2 Januari 2023, 15:55
jerman, rusia, minyak, polandia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi pipa minyak.

Jerman dan Polandia menghentikan impor minyak mentah dari Rusia yang dikirim melalui jalur pipa Druzhba per 1 Januari 2023. Padahal Uni Eropa (UE) masih mengizinkan impor tersebut dan hanya melarang impor melalui jalur laut.

Embargo UE tersebut berlaku efektif mulai 5 Desember 2022 dan pada Februari 2023 UE akan menerapkan larangan impor untuk produk olahan minyak Rusia. Kebijakan ini bertujuan emangkas pendapatan ekspor energi Rusia yang dapat digunakan untuk membiayai perang di Ukraina.

Kantor pers Jerman DPA melaporkan bahwa penghentian impor pipa akan mempengaruhi pasokan untuk kilang minyak di Schwedt, di negara bagian Brandenburg, dan di Leuna, dan Saxony-Anhalt, yang memasok bahan bakar ke Jerman timur.

DPA melaporkan bahwa pemerintah Jerman telah menyatakan bahwa bahwa pasokan alternatif untuk kilang tersebut telah diperoleh.

Pemerintah Jerman menempatkan bisnis lokal raksasa minyak Rusia Rosneft di bawah perwalian pada bulan September, menyerahkan kendali atas kilang Schwedt kepada regulator pasar energi negara itu.

Schwedt adalah kilang terbesar keempat di Jerman, 54% dimiliki oleh raksasa minyak negara Rusia, dan menerima minyak mentahnya dari pipa Druzhba. Kilang memasok 90% bahan bakar di Berlin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...