Ramai Konsultan Energi Asing Ramal Konsumsi BBM RI 2023 Cetak Rekor

Happy Fajrian
2 Februari 2023, 18:04
konsumsi bbm, konsumsi bensin, impor bbm, impor bensin
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.
Sejumlah pengendara sepeda motor antre mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU Maya jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia, khususnya untuk jenis bensin, tahun ini diramal melampaui level 2022 seiring terus berlanjutnya pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19.

Perusahaan konsultansi energi dunia, Rystad Energy, memperkirakan konsumsi bensin tahun ini mencapai 670 ribu barel per hari, naik dari 635 ribu bph pada 2022.

“Pemulihan pasca-Covid-19 menjadi pendorong utama tumbuhnya permintaan bensin,” kata analis pasar minyak senior Rystad Energy, Sofia Guidi Di Sante, seperti dikutip Reuters, Kamis (2/2). “Kami telah memperhitungkan pertumbuhan yang lebih lambat sebagai dampak dari resesi global”.

Seiring dengan meningkatnya konsumsi, impor BBM, juga diperkirakan meningkat. Wood Mackenzie memperkirakan impor bensin pada 2022 telah melampaui level pra-pandemi sebesar 380 ribu bph, yang merupakan rekor tertinggi sejak 2010. “Impor dapat meningkat menjadi 390-400 ribu bph tahun ini,” tulis laporan Wood Mackenzie.

Sementara itu Refinitiv Oil Research memperkirakan impor bensin pada 2022 mencapai 15 juta ton atau setara 345 ribu bph, naik dari 11,5 juta ton pada 2021. “Permintaan diprediksi masih kuat dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat,” kata analis Wood Mackenzie, Ranice Tan.

Namun, tambah dia, pertumbuhan diproyeksi akan melambat imbas kenaikan harga BBM tahun lalu, untuk mencegah membengkaknya subsidi energi, dan potensi dampak dari resesi global.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...