Pengusaha Tambang Nilai Harga Batu Bara Acuan Baru Sulit Dipahami

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Maret 2023, 17:35
harga batu bara acuan
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/2/2023).

Para pelaku usaha batu bara menyambut positif langkah pemerintah untuk mengubah formula harga batu bara acuan (HBA). Kendati demikian, mereka menganggap peraturan anyar tersebut masih menyulitkan perusahaan untuk mengatur rencana penjualan.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia, mengatakan hal tersebut lantaran nihilnya peraturan teknis ihwal hitung-hitungan formula tersebut. Meski begitu dia juga mengatakan bahwa formula baru HBA dapat mengurangi harga jual aktual dengan kewajiban royalti.

"Secara umum formula HBA baru tersebut positif, tinggal efektifitas pelaksanaannya di lapangan. Sementara itu masih banyak hal-hal teknis yang perlu diklarifikasi lebih lanjut oleh pihak Kementerian ESDM terkait formula tersebut," kata Hendra lewat pesan singkat pada Selasa (14/2).

Hendra menjelaskan, klarifikasi teknis yang perlu diperjelas yakni penggunaan basis data yang digunakan dalam formula hingga klarifikasi basis harga yang diambil dari e-PNBP. Dia mendorong perlu adanya pertemuan lanjutan antara pelaku usaha dan pemerintah untuk merigitkan persoalan tersebut.

"Banyak hal teknikal seperti basis data yang digunakan (invoice periode yang mana) dalam formula, karena masih banyak anggota yang kurang memahami sehingga menyulitkan perusahaan untuk mengatur rencana penjualan," ujar Hendra.

Sebelumnya, Kementerian ESDM resmi mengubah formula pembentukan harga batu bara acuan (HBA). Kebijakan tersebut ditetapkan lewat Keputusan Menteri ESDM No 41 tahun 2023 yang diteken Menteri ESDM, Arifin Tasrif, pada 27 Februari 2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...