SKK Migas Belum Terima Kepastian soal Alih Kelola Blok Masela dan IDD

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Mei 2023, 14:32
blok masela, skk migas, proyek idd, indonesia deepwater development
Katadata
Ilustrasi proyek migas.

SKK Migas masih menunggu kepastian alih aset dua proyek stategis nasional (PSN) proyek migas laut dalam atau Indonesia Deepwater Development (IDD) fase II dan pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela.

Dua proyek hilir migas itu sejatinya dijadwalkan masuk ke pembahasan yang lebih serius pada April bulan lalu. Operator proyek IDD, Chevron, sebelumnya dijadwalkan untuk menyepakati perjanjian jual beli saham atau sales and purchase agreement (SPA) hak pengelolaan perusahaan kepada perusahaan migas asal Italia, Eni.

Sementara terkait alih aset 35% saham Blok Masela dari Shell kepada konsorsium Pertamina dan Petronas, SKK Migas menyatakan bahwa konsorsium akan segara menyampaikan klausul perjanjian yang mengikat atau binding offer paling lambat pada pekan ketiga April.

Meski begitu, hingga awal Mei rencana lanjutan terhadap dua pengembangan proyek lapangan migas itu belum melaju ke tahap yang lebih serius.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Hudi Suryodipuro, mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari masing-masing kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) terkait kelanjutan proyek IDD maupun Masela.

"Prosesnya masih dilakukan Business to Business. Sejauh ini belum ada informasi ke kami," kata Hudi lewat pesan singkat pada Rabu (3/5).

SKK Migas berharap proses alih aset pengelolaan lapangan migas antar KKKS berjalan baik untuk menambah pendapatan negara dalam jangka panjang dari pemanfaatan sisa potensi migas dari proyek IDD dan LNG Masela.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...