Pengusaha Minta Segera Moratorium Smelter Nikel RKEF, Ini Alasannya

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Mei 2023, 12:06
smelter nikel, feronikel, smelter rkef
ANTARA FOTO/Jojon/aww.
Aktivitas tungku smelter nikel di PT VDNI di kawasan industri di Kecamatan Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara, Jumat (9/9/2022).

Forum Industri Nikel Indonesia (FINI) menilai positif rencana pemerintah untuk menghentikan izin investasi pada pengadaan smelter nikel berteknologi Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF).

Mereka menilai produksi komoditas hasil olahan bijih nikel kadar tinggi berupa fernonikel, nikel pig iron (NPI), dan nikel matte domestik sudah berlebih.

Advertisement

Ketua FINI, Alexander Barus, mengatakan moratorium izin pembangunan smelter pirometalurgi RKEF mendesak untuk diterapkan seiring pasokan komoditas hasil olahan bijih nikel kadar tinggi yang berlebih dan menyebabkan harganya semakin tertekan.

“Sebaiknya saat ini sudah dilakukan moratorium, artinya izin baru untuk smelter pirometalurgi menurut pendapat saya tidak perlu lagi ada izin,” kata Alex di Hotel Westin pada Selasa (9/5).

Alex, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), juga mengatakan bahwa pelaku usaha hulu tambang nikel kini kewalahan untuk memenuhi permintaan pasokan nikel saprolite ke perusahaan smelter pengolahan bijih nikel kadar tinggi tersebut.

Meski produksi bijih nikel kadar tinggi menyentuh 130 juta metrik ton per tahun, jumlah tersebut tak sebanding dengan kemampuan dan kapasitas pengolahan seluruh smelter dalam negeri. “Dengan 130 juta ton penambang itu sudah kerja keras, Artinya apa? Bisa ada smelter yang tidak dapat suplai dan terjadi persaingan antar suplai,” ujarnya.

Di sisi lain, dia mendorong pemerintah agar memberikan peluang yang lebih besar kepada pelaku usaha yang ingin mendirikan smelter hidrometalurgi High Pressure Acid Leach Leaching (HPAL) untuk suplai bahan baku produk lanjutan yang lebih hilir, seperti prekursor, katoda, hingga baterai.

“Kalau untuk HPAL sebagai kompenen baterai, oke. Kami dorong karena Indonesia punya banyak nikel kadar rendah limonit. Tapi kalau untuk pirometalurgi itu sudah stop lah,” kata Alex.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement